Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Tips Melakukan Troubleshooting Alat Pendengaran di Sekolah

Bertahun-tahun saya mengalami bagaimana melakukan troubleshooting di sekolah. Terkadang alat saya yang butuh perhatian, tapi di lain waktu, sistem FM yang disediakan oleh pihak sekolah membutuhkan perhatian lebih.

Kesulitan yang sering saya temui adalah bagaimana menjelaskan ke orang awam tentang masalah yang ada di alat pendengaran saya. Pengalaman itulah yang mengantarkan saya menemukan beberapa kiat untuk membuat komunikasi dengan teman-teman maupun pihak sekolah menjadi lebih mudah.

**Strategi **
• Penting untuk selalu menanyakan jika ada perubahan pengaturan pada alat bantu pendengaran murid anda
• Untuk mencari tahu apakah sistem FM sistem atau alat bantu pendengarannya yang bermasalah, matikan atau lepas koneksi murid anda dengan sistem FM. Jika ia masih mengeluhkan masalah yang sama, maka anda dapat mengambil kesimpulan bahwa alat pendengarannya yang bermasalah. Tapi jika keluhannya hilang, maka masalah ada di sistem FM.
• Tanya dan dengarkan penjelasan dari murid anda tentang keluhannya, dan mengapa suara yang ia dengar tidak terdengar seperti biasanya.
• Jika murid anda belum bisa menjelaskan secara jelas apa yang ia dengarkan, tanyakan pertanyaan yang lebih spesifik misalnya, “Ada terdengar bunyi desis/kresek? (anda sebaiknya menirukan suara ini)” atau “suaranya putus-sambung?”, dan lainnya.
• Ulangi pertanyaan-pertanyaan di atas, sampai murid dan anda betul-betul paham keluhan yang terjadi. Salah persepsi adalah hal yang mungkin terjadi pada saat ini, mengingat sungguh sulit untuk mengerti/menjelaskan ketika hanya salah satu yang dapat mendengar langsung keluhan/masalah pada alat pendengaran.

**Bagaimana jika murid terkadang tidak menggunakan alat pendengaran dan merasakan manfaat dari teknologi pendengaran? **

Terkadang membutuhkan jangka waktu tertentu untuk perbaikan sistem FM, bantu murid untuk dapat tetap dapat mendapatkan tetap mendengar pada saat kegiatan belajar mengajar di sekolah. Pastikan setiap tenaga pengajar dapat memahami situasi murid tanpa sistem FM.
Bantuan lainnya

Usia murid juga mempengaruhi bantuan apa yang paling mereka butuhkan. Jika murid adalah pengguna baru dan masih dalam masa penyesuaian cara pemakaian, dan suara yang mereka dengar, ketika melakukan troubleshooting, anda perlu memandu mereka. Tanyakan apa saja yang mereka dengan dan berikan contoh. Bangunlah komunikasi yang baik dengan murid anda, karena pada akhirnya, merekalah yang paling paham apa yang mereka dengar.
Ketika murid anda bertambah usia dan lebih familiar dengan teknologi pendengaran, berikan mereka kesempatan untuk menceritakan keluhan mereka.

Hindari mengatakan “suara ini yang harusnya kamu dengar” karena itu tidak akan membantunya lebih terbuka untuk menjelaskan keluhan yang ia rasakan.
Penting juga untuk memahami bahwa beberapa kendala tidak disebabkan oleh kerusakan alat FM tapi mungkin keterbatasan yang mungkin saja terjadi pada sistem FM, misalnya ketika murid dapat mendengar suara guru yang memakai sistem FM (transmitter) dibandingkan suara teman-teman di sekitarnya.

Ini adalah tips yang saya pelajari selama saya bersekolah. Saya harap para tenaga pengajar akan lebih memahami persoalan ini lebih baik, dan memberikan manfaat untuk anda.

Sumber: https://www.hearinglikeme.com/tips-for-troubleshooting-hearing-technology-at-school/

Emmy Cartwright
Emmy is a Phonak Teen Advisory Board member and wears an Advanced Bionics Cochlear Implant and Phonak CROS.

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.