Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Anak saya ga mau pakai ABD :(

Sore Ibu-Ibu/Bapak-Bapak,

Kami akhirnya memutuskan untuk coba pakai ABD, tapi kok anak saya ga mau pakai? saya ngerasa kok gini amat ya, jadi seperti menyiksa anak, jadinya berantem nangis ya ibunya ya anaknya, belum lagi keluarga juga cenderung menyalahkan saya... :(

Tolong, kira-kira ada tips kah supaya anak saya mau pakai ABD dulu? Saya ingin tau perkembangannya kalo pakai ABD kayak apa?

Salam,

Comments

  • Halo Bunda,

    Rasanya jadi serba salah ya bund.. :(

    Mungkin boleh diinfo, kira-kira apa ya yang bikin ga mau pakai? Misalnya, apakah terdengar bunyi "ngiiiiing" ketika pakai ABD?

  • Selamat sore mama radheya,
    Untuk mengawali sesuatu memang butuh perjuangan ya, bukan hanya perjuangan materi karena membeli alat. Tapi juga perjuangan rasa untuk bertahan dan bersabar dalam menaklukkan buah hati.
    Saran saya mama,
    1. Jangan stress dan putus asa ya.
    Hadapi dengan sabar, karena kami semua
    Juga pernah menghadapi hal yg sama.
    Anggap ini adalah sebuah proses, lakukan
    Dengan tetap tenang dan step by step dulu.
    Gunakan logika, dan jgn terbawa dalam
    Perasaan.
    2. Lakukan pemasangan alat step by step, dengan waktu yg tidak penuh.
    Mgkin 1 jam dulu, lalu setengah hari, hingga bisa bertahan sehari penuh dan selanjutnya bisa dipastikan setiap hari selalu dipakai.

    3. Jika memungkinkan ada materinya, berikan contoh juga mama memakai juga alat atau sesuatu yg menempel di telinga.
    Dan ajak anak bersosialisasi dan melihat teman lain yg juga menggunakan abd.

    4. Nah, pada saat pemakaian ini usahakan dikondisikan suasana yg menyenangkan bagi anak. Sambil bermain atau kegiatan yg disukai anak.
    Sehingga secara tdk sadar dia tetap memakainya.

    5. Dan yg tdk kalah pentingnya. Berikan dan buat pengaman dengan alat abd yg dipakai.
    Mungkin tali atau apapun kreasi mama.
    Yg pasti ini untuk mengantisipasi jika anak tiba2 membuang abd tersebut, sehingga tdk akan terjatuh.

    6. Untuk masa2 perjuangan awal ini, mungkin jgn memasang target berlebih dulu, terutama untuk terapi atau progress hasil pemakaian alat. Karena hal ini bisa membuat kita dan anak jadi stress juga.

    7. Tetap lakukan permainan yg menyenangkan dgn memukul alat atau bermain musik atau hal2 yg menimbulkan bunyi2an. Ini adalah untuk merangsang anak sadar bunyi dan mulai sedikit demi sedikit membiasakan untuk cinta dengan bunyi2an tersebut.

    Ini saran saya ya, mam.
    Selamat mencoba,
    Semoga berkenan dan dapat membantu kesulitan mama dalam menaklukkan buah hati dan abdnya.
    Tetap semangat ya, mam. Dan berjuang terus..
    Saya tunggu komunikasi selanjutnya, untuk mendapatkan progress yg lebih dan lebih lagi dalam perkembangan mendengar dan berbicara buah hati mama.

    Salam super
  • Selamat Siang Ibu @radheya apa yg ibu alami persis sama yg saya alami 4 tahun lalu ketika pertama kali memakaikan ABD, anak menangis meronta, alatnya sampai di buang, saya sempet kena cakar dan tendangan mautnya juga tetapi setiap alat itu dilepasnya saya pakaikan lagi, biasanya nenek kakeknya yg ngga tega dan selalu bilang sudahlah jangan dipaksa kalau anak ga mau, saya cuma jawab alat sudah dibeli masa mau didiamkan katanya cucunya pengen bisa dengar dan bicara bantu dibujuk aja, kadang pas saya pakaikan lalu saya cepat 2 alihkan perhatiannya ntah itu diajak main lari2, nonton film kesukaannya atau di iming2 makanan kesukaan adalah 1-2 bulan bujuk anak saya biar mau pakai, itupun ga konsisten langsung 12 jam.
    sudah mau pakai awal2 1 s.d 2 jam aja sudah bersyukur, biasanya nanti dilepas selang 1/2 jam saya coba lagi pakaikan....pada akhirnya jika anak sudah merasakan manfaatnya biasanya dia sendiri yg minta dipasangkan... ayo mama semangat ya....

  • Hai ibu @radheya
    Saya miminya aqil.. mungkin perasaan ibu, sudah pernah dilalui mama2 semua disini.
    Anak sya aqil juga 6th lalu pernah tdk mau sama sekali memakai abd.
    Letih, tdk semangat, emosi, jg pernah sya alami..

    Mungkin saran saya, yg pertama kali ibu harus perhatikan adalah waktu pemakaiannya.
    Jgn disaat si anak sedang mengantuk, atau sedang kelelahan setelah bermain. Ada baiknya dipakai kan disaat oagi hari setelah bangun tidur (saat masih fresh).
    Lalu step by step seperti yg di jelaskan oleh mama @EstriS

    tetap semangat terus ibu @radheya
    Semoga ananda tercinta akan segera nyaman memakai abd nya yaa
  • hai ibu Radheya....
    Semua yg ibu alami sama persis dg apa yg kami alami. ABD nahdah dulu buka cabut banting untung garansi, pas Implant juga,marah langsung dibanting kedinding batere rusak alat mati. stress dan penuh emosi lihat kelakuan anak, cuma kita sebagai orang tua harus kudu sabar dan telaten, jangan terlalu lama dalam kesedihan dan rasa bersalah, kita tak boleh berputus asa ya?tetap usaha dan doa, kita harus disiplin dan tegas,jika kita sayang pada anak tak ada kata tak tega demi kemajuan anak kita, kita tak boleh dikendalikan anak, nasehat dari para ibu diatas bagus bagus semua ..semua sudah saya jalani..jika dia tak nyaman pakai atau gelisah marah marah setelah dipasang sebaiknya alatnya disetting ulang/maping ya? semoga adek nyaman dan mau lagi pasang lagi ABDnya ya?aamiin, tetap semangat! Abi Nahdah di Tangerang.
  • Terimakasih banyak infonya Papa Nahdah @Afriwal_Chan9, semoga kita disini semua bisa terus saling supportnya.

  • Aamiiin Sama sama ya Bu?saya juga tak pernah berhenti belajar dan mencari ilmu untuk digunakan mendidik nahdah dan anak anak yg senasib dg nahdah, mohon doanya ya Ms? Alhamdulilah "Rumah Belajar Nahdah Mendengar(bimbel Nahdah dan Rumah Singgah Nahdah)sudah mulai buka di kab.Tangerang, semoga bisa membantu dan bermaanfaat buat anak anakku penyandang gangguan pendengaran diwilayah Legok dan parungpanjang bogor barat terutama bagi yg tak mampu, semoga bisa menjadi ladang amal saya kelak diakhirat aamiin.
Sign In or Register to comment.