Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Tinnitus pada pengguna CI (?)

:) Salam sejahtera, semoga sehat sll sekeluarga.
Bapak/ibu dalam dunia pendengaran, seringkali kita mendengar istilah tinnitus, suara denging yg sering dianggap sbg gejala ada masalah dlm tubuh kita, yg dpt dialami oleh smua kalangan dgn HL maupun tidak.
Pernah saya bertemu dgn pengguna CI yg sudah beranjak dewasa mengeluh terkadang merasa ada dengung. Tinnitus atau masalah pada perangkat CI nya ya?
Apakah bapak/ibu mentor pernah mendengar keluhan yg sama dri putra/putri bapak/ibu?
Bagaimana mengatasinya?
Mohon pencerahannya.

Tq

Komentar

  • Halo Saras,

    Apa kabar?

    Semoga jawaban sederhana saya dibawah ini, membantu ya...

    Penderita gangguan pendengaran dengan tinnitus, setelah mereka diimplant, mereka menyatakan keluhan Tinnitusnya berkurang. Penelitian pun menyatakan demikian, monggo disela sesi konsultasi mungkin bisa cek http://www.tinnitusjournal.com/articles/can-cochlear-implants-decrease-tinnitus.pdf

    Cara paling gampang untuk tahu apakah “denging” dikeluhkan benar Tinnitus, kita bisa minta klien untuk coba lepas dulu alat esternalnya.
    Jika, suara denging masih terdengar, maka kemungkinkan besar itu adalah Tinnitus, namun jika denging tidak terdengar, audiologis dapat cek mapping-annya.

    Beritahu audiologis seberapa besar bunyi denging terdengar, besar kecil suara denging ini relative antara percakapan biasa, tinggi - rendah nada yang didengar, semua ini bisa distel oleh audiologis saat sesi mapping, oleh karena itu perlu diketahui bahwa selalu mengkomunikasikan kepada audiologis mereka, supaya keluhan noise (selama pakai CI) bisa ditangani dengan efektif.

    Tabik

    Restu

  • :) Halo jg mb'@AsriR, kabar baik selalu InsyaAllah. Semoga demikian juga dgn mb'Restu sekeluarga.
    Berati memang bisa jadi pengguna CI masih bisa merasakan adanya tinnitus secara sadar maupun tidak sadar. Dan saat sampai pd ga nyamannya bisa dikomunikasikan u/ menguranginya dgn mapping.
    Terimakasih banyak informasinya.
    Sangat membantu u/ pelajari lebih lanjut ttg kasus ini.

    Tq
  • @Sarasati, syukur Alhamdulillah, sehat semua..

    Sebagai catatan... Pengguna CI ini sebelumnya sudah ada keluhan Tinnitus ya. Meskipun belum dalam tahap mengganggu atau misalnya "hanya kadang-kadang terdengar", kalau memang sudah "merasa" mendengar dengung/denging saat memakai alat eksternal CI, maka sebaiknya diskusikan langsung dengan Audiologis nya ya, biar diperiksa lebih lanjut.

    Semoga bermanfaat

    Tabik

    Restu

  • ;) baik mbak @AsriR . Terimakasih banyak pencerahannya.
    Tq
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.