Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin terlibat, klik salah satu tombol berikut!

mengenai respon anak?

Assalamualaikum wr.wb
sya selvy dr kalimantan tengah,sampit sya ingin bertanya kepada bapak2/ bunda2 yg sudah berpengalaman dsini,tgl 12 maret lalu anak saya baru menggunakan ABD dr abdi dan saya pakaikan setiaphari kecuali tidur dan mandi kemaren set alat di 100db yg sya mau tanyakan setiap sya panggil/saya buat suara2 keras dr belakang dia tidak langsung merespon,apa kah dia masih belum ngerti suara atau bagaimana ya bunda apakah bunda2 disini ada yg mengalami hal yg serupa dengan saya?biasa'y brp bulan anak2 mengerti bahwa.nama'y yg dipanggil atau suara... sekian pertanyaan sya sebelum'y terimakasih...

Komentar

  • selamat siang bu selvy, salam kenal dari saya mama nazwan... pengalaman saya dulu waktu putra saya pakai ABD (sebelum Implan)untuk respon suara setelah di pakaikan ABD untuk anak saya dahulu respon suara itu sekitar 4 bulan untuk respon mengenal nama itu sekitar 6 bulan... untuk respon mengucapkan kata diatas 1 tahun untuk putra saya lebih dominan di vocal banyak konsonan yg hilang, biasanya setiap anak responnya beda beda,itupun setiap hari harus kita stimulasi bu :-) demikian pengalaman putra saya :-)

  • AsriRAsriR admin

    Halo Bunda @shelvi,

    Selamat bergabung di forum ini, seneng banget punya kenalan baru jadi seberang pulau, selamat datang di dunia pendengaran.

    Mengenai respon suara, pengalaman saya biasanya butuh 3 - 6 bulan untuk si anak dapat respon terhadap suara, suara yang dimaksud tidak berarti langsung menengok ketika dipanggil nama ya bu, bisa juga ketika ada stimulasi suara, mata si kecil melirik ke arah sumber suara.

    Oleh karenanya, sangat penting untuk selalu menstimulasi suara/bunyi-bunyian terhadap si kecil, oh iya boleh juga ditanyakan program habilitasi dari ABDI bu, sependek yang saya tahu, ABDI memiliki program habilitasi yang dapat kita latih di rumah.

    Semangat dan sehat selalu!

  • halo salam kenal bu selvy dari sampit
    saya mamanya bryan dari bali. Anak saya juga mengalami gangguan pendengaran berat dan sekarang sudah operasi implan coklea. Tapi sebelumnya juga memakai alat bantu dengar.
    Benar kata mama Nazwan dan Mba Restu, semunya membutuhkan proses mendengar agar bisa sadar bunyi. Selalu kenalkan bunyi apapun. Itu bisa dilakukan di rumah secara sederhana.
    menurut pengalaman saya, kalau kita panggil harus ada tujuannya. karena kemungkinan dia tidak merespon bukan karena tidak mendengar tapi bisa jadi dia bosan. Dan yang terpenting selalu ajak dia bermain sambil berlatih bu.
    Tetap semangat ya bu karena tidak ada yg mustahil kalo kita mau berusaha dan berdo'a..
    salam...

  • AsriRAsriR admin

    Halo Mama @shelvi, bagaimana kabarnya? semoga apa masukan di atas bermanfaat ya Ma.

    Bagaimana dengan program habilatasi dari ABDI, apakah sudah dikonsultasikan? Ada yang bisa kami bantu agar Mama Shelvi mendapat penjelasan tentang program tersebut?

    Salam semangat

  • Mba @AsriR maaf baru sempat balas komen semua'y terimakasih juga buat info2 bunda2 di atas,baru sempat komen karna disibukan wira wiri sampit surabaya untuk tes assr raffa,dan habilitasi'y sya sdh tanyakan karna d'abdi yg dsurabaya belum tersedia maka sya konsultasi di jalapuspa rsud dr.ramelan/RSAL ...
    Tp saat ini sya penasaran apakah ada diantara anak bunda2 yg juga seperti raffa biasanya raffa kalo nangis atau pengen sesuatu tp tidak dihiraukan dia babling'y pinter seperti "mmaaaaaa..!" Kadang "baaaaaa...!" Apa itu termasuk respon yg ditangkap raffa atau gimana...?
    Maaf bertanya lagi saya'y hehe
  • Halo Bunda @shelvi,

    Luar biasa sekali bund, wara wiri Sampit-Surabaya, disini juga ada mama-mama dari Surabaya, juga Mojokerto. Ada Mama @EstriS dan Mama @DianaST

    Bagaimana hasil test ASSR nya Raffa?

    Anak-anak sering kali pakai cara nangis sebagai "senjata" meminta sesuatu, terkadang dengan cara kita menghiraukan atau bersikap disiplin, dia akan pakai cara lain untuk dapatkan perhatian dari kita, contohnya seperti babling itu.

    Mama mama disini, setau saya, terkadang pakai cara disiplin seperti itu Bund, meminta sesuatu harus dengan mencoba berbicara, meskipun masih dengan kata yang kurang jelas, tapi ini salah satu cara untuk melatih anak membiasakan diri untuk mengeluarkan suara.

    Bagaimana hasil konsultasi dengan Tim Jalapuspa, Bund?

  • Mba @AsriR iya mba hasil tes assr kmren untuk telinga seblah kiri 115db dan sblah kanan 90db...
    Jd seting ulang alat jga sdh kmren di abdi cabang surabaya bersama mba @Sarasati ..
    Oh iya habilitasi untuk raffa kebetulan dijalapuspa msh full mungkin menunggu hri rabu atau kamis...
  • Nanti rencananya menetap sementara di Surabaya, atau PP Surabaya-Sampit untuk urusan habilitasinya bund?

    Sementara ini bisa terus distimulasi dengan bunyi-bunyian, tau Bunda @shelvi silahkan main-main ke ListeningRoom, http://thelisteningroom.com/ disini banyak informasi mengenai materi habilitasi yang dapat dikerjakan di rumah bersama-sama anggota keluarga lainnya.

    Boleh dibantu Mbak @ThiaKirana, barangkali ada tips dan trik untuk habilitasi sederhana di rumah seperti apa.

    Salam

  • Halo Bunda @shelvi, kenalkan saya Thia dari bagian Habilitasi di ABDI.
    Boleh saya tahu usia Raffa? Supaya saya bisa menyarankan kegiatan yang sesuai dengan usianya. Yang pasti di tahap awal kita perlu melatih agar Raffa sadar terhadap suara.
    Apakah bunda sudah menerima Poster Langkah dan Jurnal Mendengarku dari ABDI Surabaya?

  • Terima kasih sudah di'colek', mbak @AsriR :)

  • Baik mba @AsriR info'y sangat bermanfaat ...
    Untuk habilitasi raffa sya msh pulang pergi surabya sampit karna kakak raffa msh TK juga dan tidak mungkin untuk lama2 meninggalkan kakak kasian dia...
  • Usia raffa 1tahun 7bulan, mba @ThiaKirana
    Sdh mba sdh sya terima semua tp mungkin msh bingung cra mempraktekan'y. Kmrin sempat nonton dyoutobe avt ank2 balita dan saat ini msh sya praktekan drmh sendiri sambil main dgn tante'y si raffa sya dri blakang membuat suara dr 6lingsound... Seperti'y raffa msh belum ngeh sma suara jd harus lebih giat lagi...
  • Halo mba Shelvi pa kabar? saya mamanya bryan yang dari bali. Waktu bryan berumur kira-kira 2 tahun sering keluar ucapan-ucapannya seperti "maaaaa, atau baaaaa. Waktu itu saya mengira dia mulai belajar bicara, tapi akhirnya tahu kalau itu hanya bubling saja.
    Umur 2,5 tahun bryan mulai memakai ABD, dan saya muali menstimulasi dengan bunyi-bunyian. Awalnya juga tidak respon mba. Tapi lama kelamaan mulai ada perkembangan. Tapi karena gangguannya bryan berat (100DB) saya memutuskan untuk implan.
    Tapi yang mba Shelvi lakukan sudah benar, diulangi terus aja mba...
    Karena usianya Raffa masih kecil mungkin diajak main sambil belajar kali biar dia ga bosan.
    Tetap semangat mba Shelvi karena semua indah kok pada waktunya....

  • Sama-sama mbak @ThiaKirana, terima kasih sudah mampir, plus info trik dan tips habilitasi.

    Untuk bunda @shelvi, mungkin bisa dicoba tips dari mama @Mama_Bryan. Untuk poster Langkah, boleh lanjut dikontak-kontak mbak @ThiaKirana dan tim habilitasi, supaya lebih optimal habililtasi Raffa.

    Semangat selalu bunda @shelvi

  • Trima kasih @Mama_Bryan sya akan selalu semangat untuk memberikan stimulasi2 untuk raffa mulai dr sekarang, klo raffa dr hasil tes kmren utuk seblah kiri 115db dan seblah kanan 90db...
    Sebetul'y sya juga berharap raffa untuk CI namun keterbatasan dana yg membuat sya harus menunggu dan bersabar...
  • Sabar ya Bunda Shelvi...saya doakan semoga segera ada solusi buat Raffa CI. Kami disini akan selalu mendukung Bun...

    Salam/ Ayuni dari Bali
  • Sekali lagi trimakasih dukungan'y ya @Mama_Bryan ...
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.