Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Menumbuhkan Pemahaman kepada anak CI

Saya adalah ibu dari , Emir, putra saya 8 tahun yang sudah melakukan implan koklea sejak usia 4 tahun.. Anak saya sekarang duduk di kelas 2 SD (umum), namun kesulitannya saat ini kalau ujian, anak saya masih sukar memahami maksud pertanyaan di soal ujiannya, sehingga jawabannya kadang tidak nyambung.. . mungkin karena bahasanya formal kali ya kalau ujian... kalau berinteraksi langsung, Alhamdulillah perkembangan nya bagus.. Mohon sarannya bapak/ibu, bagaimana cara memberikan pemahaman kepada ananda,,karena dia sangat kesulitan menjawab soal ujiannya.. terima kasih atas nasehat dan saran dari bapak/ibu

Komentar

  • Selamat siang ibu..
    Saya mama Effrata, saya juga ibu dari anak dengan gangguan dengar. Saat ini Efrata kelas 3 SMP.
    Beberapa tahun yg lalu, hal yg menjadi kendala ibu juga pernah saya alami dengan Efrata.
    Tips saya saat itu adalah menumbuhkan minat baca yang besar pada anak saya, setelah itu saya minta dia menceritakan kembali apa yang telah dia baca. Hal ini saya lakukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman anak terhadap apa yang dibacanya. Nah, saat interaksi tersebut kita harus mendampingi dan jeli , sambil kita menceritakan dan menyempurnakan maksud dan isi bacaannya.
    Nah, untuk yang berkaitan dengan pelajaran dan soal, juga sama. Saat belajar di rumah, saya minta Efrata membaca soal berulang sebanyak 3 kali. Lalu saya akan tanya maksudnya apa...
    Ketika dia menjawab dan menceritakan ttg soal yang dia baca, disitulah saya memberikan pemahamannya.
    Jika hal ini dilakukan berulang dengan pendampingan kita, saya yakin anak2 kita akan bisa mengerjakan tugas atau pertanyaan dengan baik.
    Selamat mencoba ibu..
    Sukses ya..

    Salam super..
  • Terima kasih great advice nya mom Effrata.. Saya akan coba terapkan kepada anak saya..

  • Halo Mama Emir @adilahfit,

    Terima kasih sudah bergabung disini.

    Kalau saya tidak salah paham, berarti usia pendengaran Emir sekarang 4 tahun ya Bu? Dengan usia pendengaran 4 tahun, kemudian sudah bisa sekolah di kelas 2, sekolah umum, ini sungguh pencapaian luar biasa.

    Tantangan yang dihadapi sekarang, sependek pengalaman saya, masalah "ga nyambung" ini cukup sering dialami, tips dari Mama Efrata @EstriS efektif untuk mengoptimalkan kemampuan pemahaman anak, selain juga menambah kosa kata.

    Jika boleh menambahkan sedikit, selain membaca buku, mungkin bisa dicoba untuk mengkombinasikan dengan melatihnya menulis singkat, misalnya habis pergi nonton film atau main ke suatu tempat, bisa kita minta Emir untuk tulis apa yang dia lihat dari film atau tempat yang baru dikunjungi. Tidak perlu panjang-panjang, cukup 3-4 kalimat. Dari situ bisa sama-sama dibaca ulang berdua dengan mama Emir, kemudia dievaluasi mana yang kurang tepat penggunaan kata.

    Semangat selalu, mama Emir @adilahfit.

    Oh iya, selain Efrata @EstriS , ada Harry dan Annisa (Mama @sekar_dyah79) yang sama-sama senang membaca

  • Hai mama emir, saya mama bryan, kita sdh kenal kan... Bener seperti yg dibilang sm mba restu dan mama efrata, saya jg sering lakukan terhadap bryan.
    Lewat buku kita bisa menceritakan maksud dari bacaan tsb.apalagi emir kan suka baca, kayaknya lebih cepat pemahamannya. Dan kita pake kata2 sederhana yang dia mudah paham.
    Semangat trus y, salam buat emir...
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.