Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

CI di Airport: Keliling Dunia Dengan Cochlear Implant

Akhir-akhir ini saya mendapat sebuah pertanyaan sederhana: apakah pemakai cochlear implant akan dipersulit ketika memasuki bagian keamanan bandara? Tulisan ini saya buat untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Pertama, perlu diketahui bahwa alat pendeteksi metal dapat mempengaruhi kinerja CI. Jelaskan pada pihak keamanan bandara bahwa pemakai CI tidak disarankan memasuki alat pendeteksi metal. Terangkan juga konsekuensi yang dapat terjadi jika pemakai CI dipaksa melakukan hal tersebut.

Kedua, jika petugas keamanan tetap tidak mau mengerti, cobalah beri pemahaman dengan menunjukkan secara langsung bagaimana CI bekerja, apa fungsi CI itu sendiri, dan bagaimana CI berguna untuk menunjang komunikasi.

Ketiga, jika petugas tetap bersikeras dan memaksa pemakai CI melewati pendeteksi metal, jangan panik! Lepaskan CI (matikan baterai terlebih dahulu) dan simpan CI di tempat khusus, misalnya di kotak kedap udara tang ditaruh di tas ransel. Asal CI tidak dihidupkan, setting CI tidak akan berubah dan performa CI tidak akan terganggu. Namun demikian, setelah mendarat, sempatkan diri untuk memastikan tidak ada yang aneh atau mencurigakan. Jika ragu atau masih khawatir, segera bawa CI ke tempat reparasi terdekat.

Catatan: Pemakai CI biasanya memiliki kartu pengenal yang didapatkan dari rumah sakit di mana operasi/prosedur pemasangan CI dijalankan. Kartu tersebut berisi nama dokter yang melakukan tindakan operasi, nama rumah sakit yang bersangkutan, dan informasi tentang resiko yang harus ditanggung bila pemakai CI diharuskan melalui alat pendeteksi metal. Informasi tertera dalam bahasa Inggris.

Bonus: Jangan takut naik pesawat! Bila mengalami kesulitan mendengar instruksi keselamatan yang disampaikan awak kabin/pramugari, segera minta bantuan dan beri tahu penumpang di tempat duduk sebelah.

 Bila ada suara bising atau pesawat terlalu berisik/ada suara keras/volume di pesawat terlalu kencang, atasi dengan menggunakan ear muffs (pelindung telinga dari kapas atau wool) atau noise-canceling/noise-reducing headphones (bisa dibeli di toko musik berkualitas yang menjual perlengkapan drum dan perkusi).

Bila ada rasa sakit akibat perbedaan tekanan udara di darat dan di angkasa, coba makan permen atau mengunyah cokelat untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

Comments

  • Hi @nkarisma , makasih banget udah sharing disini.

    Betul kadang proses pemeriksaan keamanan di bandara itu bisa sangat nyita waktu ya, belum lagi pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh petugas di bandara, kadang kala bikin ga nyaman :(

Sign In or Register to comment.