Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Mendengar dengan Dua Telinga, perlukah?

Artikel oleh
Janani Jeyaraman, M.Sc SLP, LSLS Cert AVT
Manager Rehabilitasi – Asia Tenggara

Pendengaran Binaural (pendengaran dua telinga) memberi anak Anda kemampuan yang lebih baik dalam mengenali pembicaraan, memahami pembicaraan dalam situasi tenang maupun bising, serta kemampuan untuk lokalisasi suara.
Memberikan kesempatan bagi anak Anda untuk “mendengar dengan dua telinga” adalah suatu kebanggaan, namun tak hanya sampai di situ saja. Anda juga harus memastikan bahwa anak Anda bisa mendengar suara dari kedua telinganya selama dia terjaga serta mendapatkan manfaat dari pendengaran Binaural.

  • Penerimaan: Anak Anda mungkin akan menolak alat bantu pendengaran karena masalah toleransi suara atau sulit menyeimbangkan kebisingan antara kedua telinga. Audiologis dapat membantu Anda dalam menangani masalah ini.

  • Aklimatisasi: Anak Anda mungkin membutuhkan waktu dan latihan tambahan agar lekas terbiasa. Mendorong pemakaian alat ini secara konsisten, memberi semangat positif dan melakukan latihan mendengar yang terfokus akan membantu anak Anda untuk mengatasinya.

  • Akses: Pastikan anak Anda memiliki akses ke semua suara yang ada di lingkungan sekitarnya, melalui masing-masing perangkat. Hal ini dapat dipastikan dengan uji pendengaran pada masing-masing telinga secara terpisah, setiap hari, dengan menggunakan Six Sound Test

  • Aktivitas: Aktivitas berikut ini dapat membantu anak Anda memperbaiki kemampuan mendengarnya menggunakan dua telinga.

o Bantu anak Anda untuk merespon atau mengulang Six Sounds dari kejauhan (dari jarak 1, 3, 12, 16 dan 20 kaki) hanya dengan cara mendengarkan.
o Bantu anak Anda untuk merespon atau mengulang fonem lembut (p, t, k, f, ch, s, sh, th dan h) hanya dengan cara mendengarkan.
o Ulangi kedua latihan dalam intensitas kebisingan yang berbeda-beda
o Libatkan anak dalam aktivitas lokal seperti mencari sumber suara yang tersembunyi (misalnya melacak ponsel tersembunyi hanya dengan mendengarkan nada deringnya) atau mengidentifikasi arah datangnya suara (mengidentifikasi apakah namanya dipanggil dari kanan atau kiri, depan atau belakang, dengan mata tertutup) atau mendiskusikan kerasnya suara yang datang ke kedua telinga untuk menentukan arah
o Dorong anak untuk melakukan latihan pendengaran yang sulit, seperti:

  • Latihan membedakan kata-kata yang terdengar mirip (dalam bahasa Inggris, misalnya fat dan cat; pin dan pan)
  • Mengidentifikasi Six Sounds, ucapan, kata-kata, kalimat dalam tingkatan kebisingan yang berbeda intensitasnya
  • Mendengarkan paragraf panjang atau cerita dalam kebisingan dan kemudian menjawab pertanyaan dari cerita tersebut.
  • Membandingkan dan/atau mengidentifikasi nada musik (tinggi-rendah-sedang), not musik, ritme yang berbeda, instrumen musik yang berbeda, tempo (cepat-sedang-lambat) penggalan musik atau lagu, dan lain-lain.

Advanced Bionics berkomitmen untuk membantu siapapun yang memiliki implan koklea AB untuk mendengar sebaik mungkin, dengan menyediakan program (re)habilitasi pendengaran, bahasa dan musik yang dirancang secara unik. Anda bisa menggunakan aplikasi AB, yaitu ABLE Clix dan Listening Adventures, yang cocok untuk memperkuat kemampuan pendengaran anak Anda.
Karena pendengaran dengan dua telinga adalah hak anak Anda!

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.