Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin ikut terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Pembiasaan untuk menggunakan alat bantu dengar

Assalamualaikum..sya bunda dari hanna, putri kami yg berusia 2th pengguna implan bilateral dan baru beberapa hari lalu di switch on..
Kendala kami saat ini adalah hanna tdk mau menggunakan alat implannya..mohon sharing pengalaman ibu2 semua strategi apa kira2 yg dpt membuat anak terbiasa dgn alat implan nya

Komentar

  • AsriRAsriR admin

    Wa'alaykumsalam wr wb.

    Wah selamat ya Bunda @anggi, ikut senang dengarnya.

    Penolakan memakai alat implan, sangat wajar terjadi, dan merupakan salah satu tantangan bagi orangtua. Apalagi lagi buntuk anak usia balita yang sering kali merasa risih jika ada benda menempel di kepalanya.

    Kemudian, kalau berdasarkan sharing dengan beberapa orangtua, mungkin tips ini bisa dicoba di rumah.

    1. Cari penyebab utama, sebeum memutar otak mencari jurus jitu agar Hanna mau pakai processor, ada baiknya kita cari tahu, alasan utama kenapa Hanna menolak pakai. Misalnya, sebagian besar anak risih ada benda menempel di kepala dan kulitnya. Hal ini sangat umum ditemukan pada anak usia balita saat switch on

    2. Alternatif cara pakai, jika alasan utama keberatan ada benda menyentuh kulit, mungkin penggunaan klip-on untuk dipakaikan di baju anak, bisa menjadi pilihan.

    3. Secara bertahap, misalnya hari ini pakai 10 menit, berikutnya 20 menit, dan seterusnya.

    4. Contohkan, misalnya Bunda, Ayah, atau keluarga yang ada di rumah, memakai alatnya, biarkan Hanna melihat bahwa orangtua dan orang disekitarnya pun pakai. Menunjukan foto teman-teman pengguna implant juga dirasa cukup ampuh.

    Sekian beberapa tips dari saya, mungkin teman-teman lainnya disini @ErningT @sekar_dyah79 @citrawulandari @Sarie_aqilla bisa berbagi pengalaman.

    Kebetulan Nazwan, putra mama @ErningT termasuk yang cukup sensitif jika ada benda menempel di kulitnya.

    Salam,

  • Waalaikum salam
    Yang disampaikan oleh mba @AsriR diatas sudah lengkap.
    Saya hanya menambahi sedikit
    Anak saya annisa dulu suka saya kasih jepit atau ikat rambut di kepalanya. Kemudian saya ajak bercermin sambil bercanda2.
    Dengan demikian dia jadi tidak merasa risih dengan alat ci yang nempel di kepalanya.

    Terpenting jangan memaksakan anak nanti bisa berefek trauma.
    Jadi rutinkan saja pelan2 setiap hari secara konsisten. Ditambah jangka waktu pemakaian secara berkala.
    Kids clip sangat membantu juga buat telinga anak yg masih kecil jika memakai prosesor BTE.

    Terimakasih
  • Salam kenal bunda anggi, dulu awal awal putra saya memakai Alat bantu dengarnya itu sama seperti putri ibu yg selalu menolak dipakaikan, nazwan selalu saya alihkan perhatiannya dengan cara mengajak menonton film favoritnya, menonton bersama seolah2 saya ikut tertaruk dgn apa yg dia tonton tapi jika dalam hal ini masih menolak saya ajak anak saya keluar jalan2 ,biasanya saya akan membawa ke arena bermain dgn syarat mau pakai sambil tunjuk telinga biasanya nazwan akan lupa dengan alatnya karena sudah terlalu sibuk bermain dengan teman2nya... Ini sedikit tips tambahan dari saya. Biasanya selesai mapping saya selalu ajak naz ke playground, atau tempat bermain anak2 di mall terdekat untuk sekedar mengalihkan perhatiannya dari alat yg baru saja dipakainya.
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.