Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin ikut terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Peran Musik dalam Perkembangan Mendengar, oleh Chris Barton, MM, MT-BC

AsriRAsriR admin
sunting Agustus 14 dalam Seputar Habilitasi

Peran Musik dalam Perkembangan Mendengar, oleh Chris Barton, MM, MT-BC

Saat lahir sampai 6 bulan.
Sejak dilahirkan, bayi dapat membedakan frekuensi dan nada. Mereka lebih memilih musik yang menenangkan, dinyanyikan dengan suara bernada tinggi. (Itu sebabnya lagu pengantar tidur dipakai sejak dulu kala....dan hingga saat ini!).

Usia 3 bulan, bayi mulai mengeluarkan suara "coo" dan seolah ikut "bernyanyi" ketika mereka mendengar musik. Suara tersebut merupakan respon dan tujuan utama dari mendengarkan musik pada bayi.

Usia 6 sampai 1 tahun.
Saat ini bayi sudah mulai dapat mengenali jika terjadi perubahan satu - dua nada dari melodi yang sering ia dengar, namun selama kontur melodic dapat dipertahankan, mereka akan tetap mengenalinya. Beberapa melodi ini akan terekam di memori jangka panjang mereka. Bayi merespon musik dengan cara bergerak berulang-ulang, meskipun seringkali gerakan mereka tidak sinkron dengan musik. Mereka dapat mencerna perbedaan rima dan mencocokan nada sekitar 55% dalam sekali waktu. Bernyanyi untuk bayi dapat membantu mengatur, mempengaruhi dan mengkomunikasikan perkembangan emosi.

Usia 1 tahun sampai 18 bulan.
Saat ini bayi mencoba untuk mengikuti gerakan mereka sesuai irama musik, dan gerakan mereka berkembang menjadi bergoyang maju mundur, berputar dan bahkan seperti gerakan gerak jalan. Seorang anak, di usia ini, akan seringkali bergerak mengikuti irama musik secara spontan. Mereka akan terlihat sedang fokus dan takjub mendengar irama musik. Bayi akan terdengar sedang "menyanyi" saat mereka mendengar alunan musik.

18 bulan sampai 36 bulan.
Balita pada umumya senang menyanyikan lagu mereka sendiri, biasanya merupakan potongan syair lagu atau kata yang sering mereka dengar, tidak jarang mereka mengarang narasi saat mereka bermain sesuatu. Syair lagu lebih dahulu dipelajari dibanding irama atau melodi. Bunyi "ma - ma" sering kali diulang-ulang. Banyak balita di usia 36 tahun dapat menyesuaikan gerakan dan mengenali musik yang familiar di telinga mereka, meskipun kontur melodi lebih dominan dikenali oleh mereka, dibanding tinggi nada. Nada yang sering dikenali adalah nada D, C dan naik 5 nada ke A

Referensi:
Music, Therapy and Early childhod: A Development Approach. Elizabeth Schwartz (2008) Barcelona Publishers.

Kunjungi The Listening Room untuk informasi dan materi habilitasi yang dapat anda peroleh secara gratis.

Komentar

  • Terima kasih untuk informasi dan pengetahuan tentang peran musik dan perkembangan anak, dan juga mendengarnya, Mbk Restu.
    Selama ini mengikuti aktivitas, tetapi kurang memperhatikan tahapan2 seperti bahasan tersebut.
    Dan kenyataannya betul sekali.
    Thanks ya , Mbk.
  • Sama-sama mama @EstriS

    Semoga dapat konsisten mempraktekan di kegiatan sehari-hari ya

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.