Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin terlibat, klik salah satu tombol berikut!

penanganan dan perawatan ci/prosesor pasca swich on

Saya sebagai orang tua dari anak yang belum lama menggunakan implan koklea merasa bersyukur dengan adanya forum diskusi ini.

Disini saya ingin menanyakan kepada bapak/ibu yang lebih berpengalaman, dan tim AB/ABDI yang kompeten. Untuk penanganan ci pasca swich on, khususnya setelah setahun lebih apakah perlu mapping secara berkala, ataukah cukup pada saat prosesor mengalami trouble saja (misalnya mati atau rusak).

Untuk mengecek apakah ci berfungsi baik atau tidak, biasanya saya menggunakan 6 Ling saja, jika anak bisa merespon dengan baik, artinya alatnya tidak ada masalah. Apakah cara ini sudah benar?

Apakah program dalam prosesor ci dapat berubah karena faktor-faktor tertentu seperti sumber magnet, dll? Terkadang saat usil, anak saya suka menempel benda2 kecil dari besi/magnet di bagian prosesor yang bermagnet, saya khawatir dapat merusak programnya.

Dan barangkali bapak/ibu disini dapat berbagi pengalaman/tips untuk merawat prosesor agar lebih awet.

Terimakasih.

Komentar

  • Halo salam kenal bu dwii...
    Saya mama bryan dr bali. Mungkin kt bisa sharing ttg maping pasca swich on.Setelah setahun saya rasa msh perlu utk maping utk pengecekan frekwensi mendengar dan dengan menggunakan 6 ling jg sdh benar bu. Dan yg paling tepat sll berkonsultasi dgn pihak abdi utk memastikan ci nya. Tks salam
  • terimakasih mama Bryan.. Semoga di abdi Jogja segera ada audiologis yang standby dan bisa mapping, agar kami yang di Jogja bisa mapping kapan saja tanpa harus ke Jakarta...
  • selamat siang,..
    sama seperti halnya mama nadiva, anak saya juga termasuk baru pakai CI yang mau saya tanyakan pengalaman kakak kakak yg sudah pakai implan cukup lama yg ingin saya tanyakan :
    1.untuk batere itu biasanya tahan berapa tahun dan bagaimana biar batrenya awet
    2.untuk UHP baru saja 2 minggu ini UHP naz tiba2 mati total pas lagi di pake
    nah UHP ini rata2 umurnya berapa lama ya.
    karena harganya yg lumayan jadi mohon tips2 nya juga biar bisa lumayan awet makasih,...

  • Selamat sore bu Dwi..
    Saya coba jawab soal pertanyaan ibu mengenai
    1. penangan CI pasca switch on:
    Biasanya pasca switch on akan dilakukan mapping secara berkala. Mapping biasanya dilakukan pada bulan ke-1, ke-2, ke-3, ke-6 dan ke-12 tergantung dari respon anak. Setelah itu jika mapping sudah stabil maka selanjutnya cukup dilakukan mapping 1 tahun sekali dan jika diperlukan saja, misalnya ada kendala dari respon anak dalam mendengar.
    Tidak lupa juga perlunya dilakukan aided FFT untuk melihat kemampuan mendengar anak sudah sampai di area berapa, apakah sudah masuk ke area percakapan/speech banana atau belum.
    2. Cek 6 ling sound:
    Untuk pengecekan 6 ling sound ini sudah betul dilakukan oleh ibu. Karena 6 ling ini mewakili seluruh frekuensi mulai dari frekuensi rendah sampai tinggi. Sehingga ketika anak yg biasanya sudah respon terhadap semua 6 ling dan suatu ketika pada saat dicek responnya kurang pada huruf tertentu berarti ada yang perlu dicek. Jadi sebaiknya tes 6 ling ini dilakukan setiap hari dan setiap pagi setelah alat dipakai.
    3. Perubahan pada program di sound processor
    Normalnya program pada sound processor itu tidak akan berubah. Namun seiring berjalan waktu kemampuan mendengar pengguna CI akan bertumbuh maka pengguna CI memungkinkan untuk diberikan power yang lebih atau diatur kembali pada program mappingya. Seperti yang sudah saya jelaskan di point pertama bahwa dibutuhkan mapping lagi ketika ada kendala dari respon anak.
    Tidak lupa saya tambahkan sebelum mapping biasanya dilakukan juga pengecekan kondisi mikrofon pada alat oleh audiologist/mappernya.
    Semoga sedikit jawaban dari saya dapat membantu. :)
  • Halo, saya seorang pengguna CI dan sejauh ini belum ada masalah. Baterai biasanya saya ganti dua atau tiga tahun sekali, walau sebenarnya bisa tahan sampai tujuh tahun jika dimasukkan ke mesin pengering setiap kali habis dipakai berkegiatan.

  • Hai nkarisma..
    Senang sekali bisa berkenalan........ Saya mama bryan dari bali.
    Skrg​ umurnya berapa? Nkarisma sudah lama CI ya? Maaf pertanyaannya bayak ya.... Tks
  • Hai nkarisma..
    Senang sekali bisa berkenalan........ Saya mama bryan dari bali.
    Skrg​ umurnya berapa? Nkarisma sudah lama CI ya? Maaf pertanyaannya bayak ya.... Tks
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.