Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Memilih Alat Implan

Halo semua...

Saya ingin bercerita tentang apa yg saya lakukan saat saya memilih hingga memutuskan alat implan untuk anak saya.

Saat itu yang saya lakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai tiap-tiap merk implan yang beredar di Indonesia:

  1. Apakah alat tsb telah mendapatkan izin kesehatan dari Departemen Kesehatan Indonesia juga apakah alat tsb telah mendapatkan izin dari FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan dari Amerika Serikat)
  2. Bagaimana kualitas dari alat tsb termasuk kualitas kejernihan dari suara yang akan didengar oleh anak.
  3. Kemajuan teknologi dan mengikuti perkembangan teknologi. Teknologi yg dipergunakan haruslah yg mampu mengantarkan suara senatural mungkin serta mengikuti perkembangan-perkembangan teknologi tanpa perlu melakukan operasi ulang.
  4. Bagaimana Garansi dari alat tsb. Garansi, servis purna jual (after sales service) serta lokasi dari tempat servisnya.
  5. Apakah baterei yang dipakai pada alat tsb ‘rechargeable’ atau tidak karena kalau tidak berarti harus selalu menyiapkan dana untuk baterei dan ini tidaklah sedikit karena harus disiapkan seumur hidup.
  6. Bagaimana pelayanan dari pihak distributor apakah hanya aktif pada saat pemilihan ataukan tetap terus membantu dan responsif setelah pasca implan baik itu dalam hal mapping, habilitasi, penggantian suku cadang (spareparts) dll.
  7. Apakah perusahaan alat implan tsb adalah perusahaan besar yang lebih kecil kemungkinannya untuk tutup.

Pemilihan alat implan ini harus hati-hati karena ini ‘life time decision’ karena alat ini akan melekat dan dipakai oleh anak seumur hidupnya. Alat ini tidak murah dan akan dipakai untuk masa yang panjang sehingga sikap kehati-hatian dalam memilih sangat diperlukan oleh para orang tua. Jangan terpancing oleh harga murah saja tetapi perhatikanlah juga hal-hal yang saya sebutkan di atas.

Demikian sharing saya. Semoga bermanfaat :)
Bagaimana dengan mentor/peserta forum kisah mendengar yang lain ? Apakah ada tambahan?

Komentar

  • Halo Bu @RinaJ,

    Terima kasih untuk sharing tipsnya, berguna sekali bagi yang sedang mempertimbangkan untuk implant koklea.

    Menurut Bu Rina, sejauh mana sih hak kita sebagai pasien mengenai alat ini, maksudnya kira-kira apa aja ya yang mesti ditanyain ke dokternya? Mengingat kadang kita suka sungkan untuk tanya-tanya ke dokter?

    makasih

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.