Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Bingung, saya ada diantara 2 pilihan.... Mohon inputnya

Halo,
Ini posting pertama saya, maaf kalo bahasanya masih kaku. Saya tinggal di Manokwari, kebetulan putra kami 3th disarankan untuk implant koklea, hasil gugling saya ketemu 2 merk, MedEl dan AB, saya bingung mana yang lebih bagus untuk anak saya, dokter sih bilang 2-2 nya bagus, saya juga sudah kontak kedua merk, ya pastilah mereka bilang produk mereka yang terbaik, mohon bantuan bapak/ibu disini, barangkali berkenan memberikan informasi? Terimakasih sebelumnya

«1

Komentar

  • Hallo Ibu Radheya..
    Pasti bingung ya dalam memilih merk implan apa yg tepat untuk anak. Kebetulan saya juga orang tua dari anak gangguan pendengaran yang memakai implan koklea.
    Mungkin saya akan sharing pengalaman saya saja.. Kala itu kami juga sangat bingung. Mencari info tentang medel, dan mencari info tentang Ab.
    Saat itu pertimbangan kami dalam memilih adalah, jumlah elektroda terbanyak dan seberapa banyak channel yg akan diimplankan ketelinganya. Sejauh yang saya tahu, jumlah channel juga berpengaruh terhadap kejernihan suara yg dia tangkap nantinya.

    Tak lupa pula saya menanyakan tentang GARANSI dari pada alat implan tersebut.
    Karena menurut saya, lebih baik membayar mahal sekali.. Dari pada membayar lebih murah, namun untuk perawatan pasca implan, harus membayar mahal berkali2..

    Semoga bermanfaat ibu Radheya
    Salam SuperMom
    Sarie

  • Hallo ibu Redheya..anak saya pengguna bilateral cochlear implant,terus terang dulu kami jg bingung..masih minim info ttng implan koklea..akhirnya kami cari2 info dan ada 3 merk implan koklea yg direkomendasikan..dari ke 3 merk itu, yg pertama kami lihat adalah spesifikasi dari alat implan tsb..keunggulanya apa saja..yg kedua seberapa lama dan besar perusahan implan tsb,sudah tbk atau belum..karena khawatir perusahaannya tutup dan tidak lagi produksi sparepartnya,sementara alat yg digunakan anak kita seumur hidup..yg ketiga inovasi teknologinya..kebetulan saya memilih AB karena AB ada space untuk bisa diupgrade,karena teknologi pasti terus berkembang..yg terakhir garansi dan asuransi..mengingat alat implan koklea adalah alat elektronik yg dipakai setiap hari,pastinya akan rusak..jd lamanya garansi&asuransi jg menjadi pertimbangan buat kami,semoga bisa membantu,salam semangat.

  • Halo ibu radheya
    Salam kenal dari saya
    Berbagi pengalaman kami dalam menentukan Brand CI..
    Pertimbangan :
    1. Tekhnologi yang dimiliki
    2. Layanan purna jual meliputi garansi dsb
    3. Kemudahan untuk up grade tekhnologi
    4. Informasi perusahaan secara umum dalam segi track record dsb. Seperti halnya contoh perusahaan TBk akan lebih menjamin kontinuitas performa perusahaan tsb.
    5. Harga bersaing disesuaikan kualitas begitu juga jika ada program cicilan / promo
    6. Kantor cabang yang tersebar di berbagai daerah memberi kenyamanan .
    Demikian sebagian hal yg dulu menjadi pertimbangan kami.
    Untuk itu kami memilih AB sebagai CI annisa dan alhamdulilah sampai detik ini kami belum pernah kecewa. Puas dan Nyaman.
    Terimakasih
    Salam semangat

  • Halo Pak/Ibu @radheya ,

    Informasi yang disampaikan oleh Bu @Sarie_aqilla, Bu @naniyunaeni17 dan Bu @sekar_dyah79 , sudah cukup komplit.

    Saya boleh nambahin sedikit ya, biasanya saya sebagai golongan emak emak yang beda 500 perak aja dikejar, kalo saya mau beli barang yang nilai, fungsi, dan masa pakainya tinggi, saya tulis di kertas keunggulan setiap brand, terus saya juga liat websitenya, sebagai tips, kadang regulasi tiap negara untuk 1 merk suka beda, makanya saya suka bandingin website versi Indonesia dengan versi global atau Amerika, apalagi kaitannya sama kesehatan, saya malah lebih sering liat versi FDA (BPPOM nya US).

    Semangat selalu ya

    Salam

  • Hello dan salam kenal kepada Bpk/Ibu Radheya,

    Perkenalkan saya San-San, ibu dari Gwen. Gwen merupakan orang pertama yang memakai alat AB di Indonesia. Apa yang bapak/ibu alami sekarang dengan segala macam kebingungan dalam memilih alat dll, telah kami alami (@ibu Sari, ibu Nani & ibu Dyah), sebagai ibu-ibu dari anak-anak yang memiliki gangguan pendengaran.

    Tidaklah gampang dalam menentukan pilihan untuk buah hati. Apalagi dengan alat yang harganya tidak murah dan tentunya sebagai orang tua kita semua menaruh harapan besar dan ingin memastikan bahwa pilihan kita adalah pilihan yang paling tepat karena menyangkut masa depan anak.

    Tentunya, kedua alat implan merk AB ataupun Medel merupakan implan yang bagus. Informasi yang disampaikan oleh ibu Sari, ibu Nani dan ibu Dyah merupakan bahan-bahan pertimbangan kami semua 'kenapa memilih AB' pada akhirnya. Mungkin saya tambahkan sedikit point saya memilih AB adalah sbb:

    • Teknologi AB yang canggih dan terdepan, seperti 120 channel (memungkinkan untuk mendengarkan musik dan lagu mendekati kualitas mendengar pendengaran normal), clearvoice (kemampuan mendengar di suasana bising), waterproof (ketahanan terhadap air sehingga anak bisa mendengar saat mandi & berenang), voice zoom (kemampuan mendengar speech sound & bahasa lisan di suasana bising dan tempat terbuka). Dan yang lebih penting lagi adalah teknologi implan dalam yang masih bisa di upgrade dengan teknologi baru ke depannya, tanpa harus di implan ulang.
    • AB merupakan anak perusahaan dari Sonova Group, yang merupakan perusahaan terdepan dan terlama dalam teknologi pendengaran yaitu Phonak hearing.

    Teknologi-teknologi yang saya uraikan diatas sangatlah membantu Gwen dalam mencapai kesuksesan di sekolah, sosialisasi dengan teman-teman dan juga mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik dengan kemampuan beraktifitas tanpa batas dengan prosesor Neptune yang tahan air. Sehingga dia bisa berenang dan rafting bersama teman-temannya.

    Semoga masukan dari kami semua membuat bapak/ibu berkurang bingungnya. Apapun pilihan bapak/ibu, kami doakan yang terbaik untuk putra tercinta.

    Salam,
    San San

  • Hallo...perkenalkan saya made dari denpasar. Saya juga sama masih bingung...pilihan ini kan tidak hanya terkait dengan teknologi ya, tapi juga terkait dengan harga. Kalau yg saya tau, Medel itu harganya lebih terjangkau ya? Misalnya sebagai pertimbangan, kalau misalnya pake medel kita sanggup langsung implant di kedua telinga, sedangkan kalau pake AB kita hanya sanggup implant di 1 telinga saja. Bagaimana menurut teman2 semua, bukannya langsung implant di kedua telinga memberikan hasil yang lebih bagus ya?

  • Selamat malam bpk Made,
    Salam kenal ya, saya mama Effrata dari Mojokerto.
    Anak saya juga mengalami gangguan dengar.
    Dan sudah menjalani Implant juga di tahun 2010 dan 2016 yang lalu.
    Hal yg sekarang bapak bingungkan, dulu juga pernah terjadi pada kami.
    Dan kami memutuskan menggunakan AB, serta mengulang untuk telinga yg kedua. mengapa,
    Pertimbangan dan masukan dari ibu nani, dyah, sari, dan san san adalah beberapa hal yg menjadi dasarnya juga bagi kami.
    Harga pasti berkorelasi dengan kualitas.
    Dengan kualitas yg bagus, memungkinkan anak mencapai kemampuan dengan kualitas hidup yg lebih baik.
    Sekali alat di implantkan pada anak kita, adalah untuk seumur hidup mereka.
    Harga alat implant adalah sejumlah uang yang berkorelasi juga terhadap kemampuan kami saat itu. Dan kami memutuskan menggunakan satu alat terlebih dulu, dengan satu kepastian dan keyakinan dengan kualitas yg kami dapatkan.
    Dan bersyukur pada Tuhan, segalanya berjalan baik, meskipun kemudian kami tahu ada kendala kondisi kelainan mondini pada Effrata.
    Dengan kondisi kelainan Effrata, pelayanan dan pendampingan sangat besar kami dapatkan dari AB. Bukan sebatas pada informasi, tapi secara tindakan nyata dari pemeriksaan alat, perkembangan dan kemampuan serta berbagai hal yg mendukung untuk keberhasilan Effrata. Disinilah kami dan AB berjuang bersama sama demi keberhasilan Effrata. Kami merasa dan diperlakukan bukan sebagai pasien. Tapi sebagai keluarga. Inilah yang lebih menambah kepercayaan kami dan menumbuhkan semangat untuk mengulang implant yg ke dua.
    AB, secara harga mungkin juga lebih tinggi di banding merek implant yang lain. Tapi ini juga berkorelasi terhadap jaminan dan pelayanan.
    Melayani dengan hati, memberi dengan sepenuh hati dan kami mendapatkan kenyamanan dalam proses selanjutnya. Kami bisa fokus pada proses perkembangan anak, tanpa dibebani lagi dengan berbagai biaya yg berkaitan dengan implantnya.
    Bagi kami, AB sudah memberi kami jaminan kualitas hidup, dan menjadi bagian hidup bagi Effrata dan tentunya juga bagian hidup kami sebagai orang tuanya.
    Nah, untuk bapak made...
    Semoga uraian saya tadi bisa menjadi masukan dan pertimbangan sehingga dapat mengambil keputusan yang terbaik bagi ananda tercinta.

    Salam super
    Estri

  • Selamat malam Bapak Made Sujendra,
    Salam kenal, saya Ayuni dari Bali. Putri saya Icha juga mengalami gangguan pendengaran yang sangat berat. Sudah diimplan dengan AB tahun 2009 disatu telinga. Kami memilih AB tentunya melalui banyak pertimbangan sebelumnya. Sama seperti apa yang disampaikan oleh Ibu Sarie, Ibu diah, Ibu San, Ibu Nani, Ibu Restu dan Ibu Estri. Itulah yang menjadi alasan kenapa akhirnya kami berani memutuskan untuk memilih AB bagi putri tercinta kami.

    Saat itu karena faktor biaya kami hanya mampu mengimplan satu telinganya saja. Tapi syukurlah setelah satu setengah tahun pemakaian dan melalui semua tahapannya kami merasa bahagia sekali putri kami menunjukkan banyak kemajuan dalam hal mendengar dan bicaranya.

    Disitu kami yakin sekali bahwa kami sudah memilih implan yang tepat buat putri kami. Walaupun dengan implan satu telinga saja Waktu itu, putri kami sudah mampu bersosialisasi dengan lingkungan normal dan bersekolah di sekolah umum.

    Dan 6 tahun kemudian, tepatnya tahun 2015 barulah kami memutuskan untuk melakukan implan di telinga kirinya dengan produk yang sama. Sekali lagi kenapa kami masih memilih AB, karena kami sudah merasakan manfaat dan kenyamanan yang begitu besar dan nyata yang diberikan AB kepada putri kami.

    Jadi menurut saya, baik itu medel ataupun AB sama sama punya keunggulannya masing masing. Sekarang tinggal bagaimana kita menyikapinya. Biar tidak terlalu bingung sekarang di Bali sudah banyak pemakai dari kedua produk implant tersebut. Mungkin ada baiknya pak made berkenalan juga dengan beberapa ortu diantara mereka, sehingga bisa bertanya tanya langsung bagaimana pengalaman mereka memakai produk yang mereka sudah pilihkan buat buah hati mereka. Dan pak made bisa melihat hasilnya secara nyata pada anak anak mereka. Tentunya dilihat juga bagaimana proggresnya.

    Kebetulan kita sama sama tinggal diBali, silahkan hubungi saya kalau pak made mau sharing secara langsung. Saya siap membantu. Semoga produk yang manapun yang pak made pilih adalah yang terbaik buat buah hati tercinta.

    Salam/ Ayuni

  • AsriRAsriR admin
    sunting Pebruari 2017

    Halo,

    Kalau boleh saya menambahkan, nambahin mulu ya kerjaan saya :smiley:

    Mungkin, Pak @madesujendra bisa menanyakan jaminan kebenaran informasi dari setiap vendor, untuk AB misalnya Garansi, Fitur 120Channel, dll yang ditulis hitam di atas putih.

    Salam

  • Halo..
    Salam kenal pak made,saya Mira,saya juga mempunyai anak gangguan pendengaran sangat berat dan kebetulan menjadi pasien implan pertama di Rs.Sanglah,Dps pada tahun 2009.
    Saya pun ingin berbagi pengalaman saya sampai hari ini berkaitan dengan implan AB.Mengapa saya memilih AB juga alasannya hampir sama dengan ibu-ibu yang lainnya.Dan syukurlah pak made,saya tidak salah pilih,mungkin memang AB lebih mahal dari brand lain,tapi AB telah memberi hasil nyata pada perkembangan putra kami.

    Putra kami,Harry saat di implan usia 2thn dan sekarang dia sudah berusia 10thn,sampai sekarang masih dengan satu implan,bersyukur Harry dapat berkomunikasi,bersosialisasi layaknya anak normal.
    Saat ini Harry duduk di bangku SD NAsional Plus 3 Bahasa di Mataram-Lombok,kelas 4.Prestasi di sekolahpun cukup baik,mengikuti les musikpun (piano klasik)dapat diikuti.

    Ayo pak made,semangat...mari kita sama-sama berjuang untuk keberhasilan anak-anak kita...

    Di Bali saat ini banyak sekali keluarga yang bernasib sama dengan kita,jangan pak made ragu untuk bertanya langsung,bisa ke mama icha atau mama yang lain,kami semua siap membantu pak made....
    Trimakasih.

  • Terima kasih Ibu2 semuanya atas sharing dan supportnya. Nah ketika searching tentang implant AB, ternyata ada beberapa pilihan ya, naida, neptune, dan harmony. Kita sebaiknya milih yang mana ya? Trus kalau Ibu2 disuruh memilih, lebih memilih 2 implant sekaligus memakai harmony atau memilih 1 implant dulu memakai neptune? Terima kasih

  • Dear pak @madesujendra
    Kalau boleh tau anaknya berumur brp tahun?
    Kebetulan anak saya memakai implan AB Neptune sudah 4 tahun.
    Sedikit sharing tentang pengalaman saya.
    Mengapa saat itu saya memilih dengan neptune, bukan dengan harmony, bahkan naida.
    Anak saya memiliki kondisi lain kecuali kehilangan pendengarannya. Namanya ADHD. Attention deficit hiperactivity disorder.
    Jadi anak saya aktif sekali..
    Untuk menghindari alat nya jatuh, maka dari itu kami memilih neptune.
    Dari sepengetahuan saya, neptune dgn harmony dari kualitasnya sama. Hanya saja neptune mempunyai bentuk berbeda dan neptune dapat digunakan didlm air.
    Kalau menurut saya, lebih baik di implankan 2 telinga dengan harmony..

    Semoga bermanfaat

  • terima kasih bu sharingnya...Anak saya umur 1.5 tahun.

  • Salam kenal ibu @radheya dan pak @madesujendra, sy Ayu dari Jogja. Anak saya, Lingga, pengguna implant koklea juga. Implant pertama waktu itu ketika usia Lingga 6th.

    Saat itu sudah pasti ada kebingungan yg sama ketika memilih alat implant apa yg terbaik buat Lingga. Setelah searching kesana kemari, akhirnya sy mantap untuk memilih AB. Dengan berbagai alasan yang lebih kurangnya sudah dijelaskan oleh bunda2 di atas.

    Dan ada satu pertimbangan tambahan dr saya kala itu, yaitu, ABDI sebagai penyedia AB memiliki banyak kantor cabang yang tersebar di Indonesa, tentu itu akan sangat memudahkan sekali kalau misal ada sesuatu hal yang berkaitan dengan alat yang Lingga pakai. Informasipun bisa langsung kita tanyakan ke kantor cabang tersebut...dan tentu itu akan sangat memudahkan.

    Kemudian mengenai pertanyaan pak made, "lebih baik memilih 2 implant sekaligus memakai harmony atau 1 dulu memakai neptune?",

    Kalo anak yg akan diimplant sudah mulai memasuki usia sekolah, sy lebih memilih 2 sekaligus memakai harmony. Kurang lebih pertimbangannya:

    1. Jika semua berjalan baik dan sesuai, tentunya hasil mendengar dengan 2 telinga akan lebih cepat (baik) dibanding 1 telinga. Habilitasi bisa sekalian untuk menstimulasi 2 telinga. Dg 2 telinga juga memudahkan anak mendengar dr berbagai arah,
    2. Toh nantinya masih bisa upgrade,
    3. Dan kalau langsung implant di kedua telinga pada saat bersamaan, degdegan saat operasinya ya cuma saat itu aja..hehe...pemeriksaannya cukup satu kali untuk 2 telinga, ngga perlu bolak balik mengulang proses awal lagi.

    Tapi, kalau usia anak msh dibawah usia sekolah, sy memilih 1 telinga dulu dg neptune. Kenapa?

    • banyak anak yg menggunakan 1 implant namun dilakukan pd usia dini dan dg habilitasi yg tepat, juga tidak ada gangguan lainnya kecuali pd pendengaran saja, hasil mendengar dan bicaranya sungguh luar biasa. Dan ketika anak tumbuh semakin besar, apakah tetap perlu bilateral? mungkin dilihat dr kebutuhan anak tsb nantinya.
    • anak kecil biasanya sukaaa sekali main air, dan dg neptune yg memang fitur nya dirancang bisa dipakai berenang, tentunya memudahkan dia tetap bisa mendengar ketika main air atau mungkin pas ujan2an. Dg begitu anak tetap enjoy tanpa orang tuanya harus risau...

    Itu pendapat sy pribadi. Kurang lebihnya sy mohon Maaf.
    Salam ibu radheya dan pak made...Semangat selalu ;).

  • Salam kenal pak made...
    Saya mamanya bryan yg jg berasal dari bali.anak dengan gangguan pendengaran berat. Di bali kita punya komunitas pengguna AB yg bertujuan saling berbagi dan saling mensupport. alasan saya memilih AB karena saya percaya AB dapat memberikan jaminan pendengaran yang lebih baik karena memiliki teknologi terdepan dan support sistem yg sangat baik. Kalo masalah harga itu relatif pak. Benar kata ibu efrata ada harga ada kwalitas. Kalo saya memilih yg terbaik utk anak karena berhubungan dengan masa depannya. Semoga pak made dapat mengambil keputusan yg terbaik utk kehidupan anak-anak kita.... Salam

  • Halo Pak/Bu @radheya dan Pak @madesujendra ,

    Semangat selalu ya, silahkan hubungi kami disini, jika ada hal-hal yang sekiranya ingin ditanyakan kembali, misalnya persiapan operasi, perawatan alat, garansi dan lainnya.

    Salam

  • Salam kenal Bapak / Ibu,

    Saya juga bingung untuk memilih implan u/ saya sendiri, kbtulan baru sekitar 10 thn lalu sy pakai abd tiap tahun pendengaran sy berkurang akhirnya disarankan dokter untuk implan.

    Saya ingin tanyakan jika kita menggunakan implan koklea apakah benar tidak aman untuk MRI?
    Adakah prosesor suara yang bisa konek dengan handphone?
    Bagaimana caranya pengguna implan untuk berkomunikasi dengan telepon? apakah hp/telepon didekatkan ke prosesor suara?
    Apakah ada jual beli prosesor suara bekas / second?

    Terima kasih,

  • hallo mba @radheya ,pa @madesujendra ...
    Salam kenal dari saya mama Nazwan dari Bandung (jawa barat)usia putra saya saat ini 5 tahun 5 bulan usia implan 1 tahun 4 bulan... saat saya memutuskan implan untuk anak saya , saya juga sama bingung karena semua brand pasti bilangnya yg terbaik , saya membandingkan dengan harga RP.... jika saya memilih merk A kelebihan & kekurangan apa saja yg saya peroleh, begitupun dengan B saya datangi 1 satu, dan pada akhirnya pilihan saya jatuh ke AB ketika itu ABDI sedang promo AURIA padahal pinginnya neptune ha ha biar bisa dipakai berenang, tapi karena dana saya blm ada ya saya pilih AURIA karena tujuan pertama saya adalah agar putra saya bisa mendengar lebih baik dulu dibanding sebelumnya supaya tahapan selanjutnya setelah pendengaran bagus anak saya bisa bicara yups saya kejar itu dulu...untuk fitur2 lainnya karena anak saya belum ngerti nanti saja setelah dia ngerti bisa di upgrade ke teknologi yg terbaru sambil nabung he he, hasilnya alhamdullilah sekarang setelah CI 1 tahun 5 bulan perkembangan bahasa putra saya jauh lebih baik, sudah bisa diajak bicara 2 arah... oh iya pelayanan setelah CI itu juga yg sangat penting karena di ABDI setiap 2 bulan selalu diadakan rehAB ,semacam rehabilitasi supaya bisa dilihat sejauh mana perkembangan anak setelah CI .

  • Selamat siang Bu Debby, kenalkan saya Budi.

    Produk-produk implan aman untuk MRI karena memang dirancang untuk tahan dengan kekuatan MRI yang umum.

    Menjawab pertanyaan yang lain, saat ini ada prossesor suara yang bisa konek dengan handphone. Jika tanpa teknologi streaming, handphone didekatkan ke soundprosessor saat menerima prosessor.

    Saat ini saya tidak pernah mendengar ada jual beli sound prossesor. Setahu saya biasanya trade in dilakukan dengan pabrikan implan.

    Terima kasih.

  • Jika berkesempatan pak made...menurut saya..implan 2 sekaligus,bila saat ini dana yang mencukupi dengan implan harmony itu mnrt sy tidak masalah,ke dpnya bila ada dana,pak made bisa upgrade ke neptune atau naida..
    Masalah alat luarnya spt harmony,neptune dan naida sepertinya mb Restu yang dapat menjelaskan secara detail,yang terpenting implan yang di tanam pak made..itu sama semua
    Saya di tahun 2009 hanya berkemampuan untuk implan 1 telinga dengan Psp namanya,dg semakin berkembangnya teknologi AB (inilah salah satu keunggulan brand AB)kekuarlah produk neptune,naida (maaf yaa mb restu klo saya salah ksh info hehee)
    Dan baru 2 thn ini saya upgrade ke neptune...demikian yang bisa saya share ke pak made,sekali lagi..bila pak made berkenan menyaksikan sendiri bagaimana komunikasi skrg anak2 dengan Implan AB bisa pak made hubungi mama icha atau ke teman lain..sekali lagi kami telah membuktikan sendiri pak..bagaimana anak2 kami mampu berkomunikasi dengan lingkungannya..
    Suksmaa pak made..

  • Jika berkesempatan pak made...menurut saya..implan 2 sekaligus,bila saat ini dana yang mencukupi dengan implan harmony itu mnrt sy tidak masalah,ke dpnya bila ada dana,pak made bisa upgrade ke neptune atau naida..
    Masalah alat luarnya spt harmony,neptune dan naida sepertinya mb Restu yang dapat menjelaskan secara detail,yang terpenting implan yang di tanam pak made..itu sama semua
    Saya di tahun 2009 hanya berkemampuan untuk implan 1 telinga dengan Psp namanya,dg semakin berkembangnya teknologi AB (inilah salah satu keunggulan brand AB)kekuarlah produk neptune,naida (maaf yaa mb restu klo saya salah ksh info hehee)
    Dan baru 2 thn ini saya upgrade ke neptune...demikian yang bisa saya share ke pak made,sekali lagi..bila pak made berkenan menyaksikan sendiri bagaimana komunikasi skrg anak2 dengan Implan AB bisa pak made hubungi mama icha atau ke teman lain..sekali lagi kami telah membuktikan sendiri pak..bagaimana anak2 kami mampu berkomunikasi dengan lingkungannya..
    Suksmaa

  • Jika berkesempatan pak made...menurut saya..implan 2 sekaligus,bila saat ini dana yang mencukupi dengan implan harmony itu mnrt sy tidak masalah,ke dpnya bila ada dana,pak made bisa upgrade ke neptune atau naida..
    Masalah alat luarnya spt harmony,neptune dan naida sepertinya mb Restu yang dapat menjelaskan secara detail,yang terpenting implan yang di tanam pak made..itu sama semua
    Saya di tahun 2009 hanya berkemampuan untuk implan 1 telinga dengan Psp namanya,dg semakin berkembangnya teknologi AB (inilah salah satu keunggulan brand AB)keluarlah produk neptune,naida (maaf yaa mb restu klo saya salah ksh info hehee)
    Dan baru 2 thn ini saya upgrade ke neptune...demikian yang bisa saya share ke pak made,sekali lagi..bila pak made berkenan menyaksikan sendiri bagaimana komunikasi skrg anak2 dengan Implan AB bisa pak made hubungi mama icha atau ke teman lain..sekali lagi kami telah membuktikan sendiri pak..bagaimana anak2 kami mampu berkomunikasi dengan lingkungannya..
    Suksmaa

  • Jika berkesempatan pak made...menurut saya..implan 2 sekaligus,bila saat ini dana yang mencukupi dengan implan harmony itu mnrt sy tidak masalah,ke dpnya bila ada dana,pak made bisa upgrade ke neptune atau naida..
    Masalah alat luarnya spt harmony,neptune dan naida sepertinya mb Restu yang dapat menjelaskan secara detail,yang terpenting implan yang di tanam pak made..itu sama semua
    Saya di tahun 2009 hanya berkemampuan untuk implan 1 telinga dengan Psp namanya,dg semakin berkembangnya teknologi AB (inilah salah satu keunggulan brand AB)kekuarlah produk neptune,naida (maaf yaa mb restu klo saya salah ksh info hehee)
    Dan baru 2 thn ini saya upgrade ke neptune...demikian yang bisa saya share ke pak made,sekali lagi..bila pak made berkenan menyaksikan sendiri bagaimana komunikasi skrg anak2 dengan Implan AB bisa pak made hubungi mama icha atau ke teman lain..sekali lagi kami telah membuktikan sendiri pak..bagaimana anak2 kami mampu berkomunikasi dengan lingkungannya..
    Suksmaa

  • Jika berkesempatan pak made...menurut saya..implan 2 sekaligus,bila saat ini dana yang mencukupi dengan implan harmony itu mnrt sy tidak masalah,ke dpnya bila ada dana,pak made bisa upgrade ke neptune atau naida..
    Masalah alat luarnya spt harmony,neptune dan naida sepertinya mb Restu yang dapat menjelaskan secara detail,yang terpenting implan yang di tanam pak made..itu sama semua
    Saya di tahun 2009 hanya berkemampuan untuk implan 1 telinga dengan Psp namanya,dg semakin berkembangnya teknologi AB (inilah salah satu keunggulan brand AB)kekuarlah produk neptune,naida (maaf yaa mb restu klo saya salah ksh info hehee)
    Dan baru 2 thn ini saya upgrade ke neptune...demikian yang bisa saya share ke pak made,sekali lagi..bila pak made berkenan menyaksikan sendiri bagaimana komunikasi skrg anak2 dengan Implan AB bisa pak made hubungi mama icha atau ke teman lain..sekali lagi kami telah membuktikan sendiri pak..bagaimana anak2 kami mampu berkomunikasi dengan lingkungannya..
    Suksmaa

  • Jika berkesempatan pak made...menurut saya..implan 2 sekaligus,bila saat ini dana yang mencukupi dengan implan harmony itu mnrt sy tidak masalah,ke dpnya bila ada dana,pak made bisa upgrade ke neptune atau naida..
    Masalah alat luarnya spt harmony,neptune dan naida sepertinya mb Restu yang dapat menjelaskan secara detail,yang terpenting implan yang di tanam pak made..itu sama semua
    Saya di tahun 2009 hanya berkemampuan untuk implan 1 telinga dengan Psp namanya,dg semakin berkembangnya teknologi AB (inilah salah satu keunggulan brand AB)kekuarlah produk neptune,naida (maaf yaa mb restu klo saya salah ksh info hehee)
    Dan baru 2 thn ini saya upgrade ke neptune...demikian yang bisa saya share ke pak made,sekali lagi..bila pak made berkenan menyaksikan sendiri bagaimana komunikasi skrg anak2 dengan Implan AB bisa pak made hubungi mama icha atau ke teman lain..sekali lagi kami telah membuktikan sendiri pak..bagaimana anak2 kami mampu berkomunikasi dengan lingkungannya..
    Suksmaa

  • Jika berkesempatan pak made...menurut saya..implan 2 sekaligus,bila saat ini dana yang mencukupi dengan implan harmony itu mnrt sy tidak masalah,ke dpnya bila ada dana,pak made bisa upgrade ke neptune atau naida..
    Masalah alat luarnya spt harmony,neptune dan naida sepertinya mb Restu yang dapat menjelaskan secara detail,yang terpenting implan yang di tanam pak made..itu sama semua
    Saya di tahun 2009 hanya berkemampuan untuk implan 1 telinga dengan Psp namanya,dg semakin berkembangnya teknologi AB (inilah salah satu keunggulan brand AB)kekuarlah produk neptune,naida (maaf yaa mb restu klo saya salah ksh info hehee)
    Dan baru 2 thn ini saya upgrade ke neptune...demikian yang bisa saya share ke pak made,sekali lagi..bila pak made berkenan menyaksikan sendiri bagaimana komunikasi skrg anak2 dengan Implan AB bisa pak made hubungi mama icha atau ke teman lain..sekali lagi kami telah membuktikan sendiri pak..bagaimana anak2 kami mampu berkomunikasi dengan lingkungannya..
    Suksmaa

  • Jika berkesempatan pak made...menurut saya..implan 2 sekaligus,bila saat ini dana yang mencukupi dengan implan harmony itu mnrt sy tidak masalah,ke dpnya bila ada dana,pak made bisa upgrade ke neptune atau naida..
    Masalah alat luarnya spt harmony,neptune dan naida sepertinya mb Restu yang dapat menjelaskan secara detail,yang terpenting implan yang di tanam pak made..itu sama semua
    Saya di tahun 2009 hanya berkemampuan untuk implan 1 telinga dengan Psp namanya,dg semakin berkembangnya teknologi AB (inilah salah satu keunggulan brand AB)kekuarlah produk neptune,naida (maaf yaa mb restu klo saya salah ksh info hehee)
    Dan baru 2 thn ini saya upgrade ke neptune...demikian yang bisa saya share ke pak made,sekali lagi..bila pak made berkenan menyaksikan sendiri bagaimana komunikasi skrg anak2 dengan Implan AB bisa pak made hubungi mama icha atau ke teman lain..sekali lagi kami telah membuktikan sendiri pak..bagaimana anak2 kami mampu berkomunikasi dengan lingkungannya..
    Suksmaa

  • Jika berkesempatan pak made...menurut saya..implan 2 sekaligus,bila saat ini dana yang mencukupi dengan implan harmony itu mnrt sy tidak masalah,ke dpnya bila ada dana,pak made bisa upgrade ke neptune atau naida..
    Masalah alat luarnya spt harmony,neptune dan naida sepertinya mb Restu yang dapat menjelaskan secara detail,yang terpenting implan yang di tanam pak made..itu sama semua
    Saya di tahun 2009 hanya berkemampuan untuk implan 1 telinga dengan Psp namanya,dg semakin berkembangnya teknologi AB (inilah salah satu keunggulan brand AB)kekuarlah produk neptune,naida (maaf yaa mb restu klo saya salah ksh info hehee)
    Dan baru 2 thn ini saya upgrade ke neptune...demikian yang bisa saya share ke pak made,sekali lagi..bila pak made berkenan menyaksikan sendiri bagaimana komunikasi skrg anak2 dengan Implan AB bisa pak made hubungi mama icha atau ke teman lain..sekali lagi kami telah membuktikan sendiri pak..bagaimana anak2 kami mampu berkomunikasi dengan lingkungannya..
    Suksmaa

  • Jika berkesempatan pak made...menurut saya..implan 2 sekaligus,bila saat ini dana yang mencukupi dengan implan harmony itu mnrt sy tidak masalah,ke dpnya bila ada dana,pak made bisa upgrade ke neptune atau naida..
    Masalah alat luarnya spt harmony,neptune dan naida sepertinya mb Restu yang dapat menjelaskan secara detail,yang terpenting implan yang di tanam pak made..itu sama semua
    Saya di tahun 2009 hanya berkemampuan untuk implan 1 telinga dengan Psp namanya,dg semakin berkembangnya teknologi AB (inilah salah satu keunggulan brand AB)kekuarlah produk neptune,naida (maaf yaa mb restu klo saya salah ksh info hehee)
    Dan baru 2 thn ini saya upgrade ke neptune...demikian yang bisa saya share ke pak made,sekali lagi..bila pak made berkenan menyaksikan sendiri bagaimana komunikasi skrg anak2 dengan Implan AB bisa pak made hubungi mama icha atau ke teman lain..sekali lagi kami telah membuktikan sendiri pak..bagaimana anak2 kami mampu berkomunikasi dengan lingkungannya..
    Suksmaa

  • Jika berkesempatan pak made...menurut saya..implan 2 sekaligus,bila saat ini dana yang mencukupi dengan implan harmony itu mnrt sy tidak masalah,ke dpnya bila ada dana,pak made bisa upgrade ke neptune atau naida..
    Masalah alat luarnya spt harmony,neptune dan naida sepertinya mb Restu yang dapat menjelaskan secara detail,yang terpenting implan yang di tanam pak made..itu sama semua
    Saya di tahun 2009 hanya berkemampuan untuk implan 1 telinga dengan Psp namanya,dg semakin berkembangnya teknologi AB (inilah salah satu keunggulan brand AB)kekuarlah produk neptune,naida (maaf yaa mb restu klo saya salah ksh info hehee)
    Dan baru 2 thn ini saya upgrade ke neptune...demikian yang bisa saya share ke pak made,sekali lagi..bila pak made berkenan menyaksikan sendiri bagaimana komunikasi skrg anak2 dengan Implan AB bisa pak made hubungi mama icha atau ke teman lain..sekali lagi kami telah membuktikan sendiri pak..bagaimana anak2 kami mampu berkomunikasi dengan lingkungannya..
    Suksmaa

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.