Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Bagaimana cara mengajari anak usia 12-24m mendengar dan berbahasa

Assalamualaikum wr wb... mohon sharing nya bunda2 hebat....anak saya king umur fisik 16m umur mendengar dgn ci 4m...bagaimana cara terbaik mengajari ny mendengar dan berkomunikasi ya bunda2...?king msh blon matang motorikny...di usia ny yg 16m msh titah...jd kl ada sesi avt...mlh mauny muter2in ruangan sambil titah...dikasih mainan2 jg duduk antengny sebentar bgt...saat ini yg saya bs lakukan slalu mengajakny bicara...avt...Alhamdulillah king sdh sadar suara...to six ling ny blon dapet...kl dipanggil namany kdg nengok kdg cuek...kl ditanya cicak2 mana...bs nunjuk keatas...mohon sharing ny bunda2...trima kasih bnyk...

Comments

  • waalaikum salam, bunda sepengalaman saya dalam mengajari putra saya yg juga blm bisa duduk manis kalo terapi waktu dulu, sesi di rumah saya selalu ajak ngobrol aja , belajar sambil bermain tapi semuanya wajib kita ibunya bicara layaknya dubber di film2 ha ha.... lalu diselingi dengan bernyanyi ...atau membaca buku yg bergambar yg menarik perhatiannya sambil kita sebutkan nama objek yg ada di gambar...dengan seringnya kita berbicara biasanya tanpa kita duga si anak akan menyebutkan nama benda/objeknya jika kita tunjuk, atau spontan menyebut 1 kata.... anak saya termasuk kinestetik saya jg sempat bingung bagaimana cara mengajari anak yg tidak bisa diam.... alhamdullilah karena seringnya kita mengulang berbicara anaknya spontan mulai menyebutkan kata mulai dari 1 suku kata sekarang alhamdullilah sudah banyak sekali kata yg keluar dan mulai belajar merangkai kata, salam kenal dari nazwan usia 6 tahun ,usia CI 2 tahun tinggal di Bandung :-)

  • Trima kasih saran n masukanny mama nazwan...
  • Halo bu @citrawulandari , salam kenal dari saya Rina, ibunya Ramzy. Masukan dari mama Nazwan sangat baik yaitu untuk membahasakan semua kegiatan yang ibu lakukan bersama anak ibu. Tujuannya adalah untuk memberikan asupan kosakata sebanyak-banyaknya kepada ananda. Selain itu untuk membantu anak fokus dan memperpanjang rentang konsentrasi anak, ibu bisa memberikan kegiatan montessori sederhana dengan menggunakan benda-benda yang ada di rumah. Mengingat usia ananda masih kecil, ibu bisa menyiapkan 2 wadah yang berisi bola-bola warna-warni dan contohkan anak untuk memindahkan bola-bola tersebut dari wadah yang satu ke wadah yang lainnya sambil ibu menyampaikan kegiatan tersebut dan menyebutkan warna-warna dari bola-bola tersebut. Lalu berikan kesempatan pada anak untuk melakukan kegiatan tsb. Itu hanya salah satu contoh saja. Harapannya dengan melakukan kegiatan tsb rentang konsentrasi anak bertambah. Demikian sedikit masukan dari saya. Salam.

  • Trima kasih bu rina atas saran dan masukanny...
  • Waalaikumsalam Ibu Citra, Perkenalkan saya Abi dari Nahdah Tinggal diTangerang, Alhamdulilah, Nahdah sekarang sudah kelas dua SD, tetap semangat 45 demi kesuksesan buah hati kita ya bu?. Kegiatan AVT kan bisa ya kita lakukan dimanapun dan kapan pun, kegiatan sehari hari kita bisa membantu perkembangan pendengaran dan bahasa anak kita, mengingat adek usia pendengarannya masih 4bulan, berarti masih dibawah satu tahun, anak umur satu tahun biasanya suka meniru, senang lihat benda benda menarik (warna warni),cepat bosan dan tak mau diam, dulu waktu nahdah kecil saya pakai metode self Talk, bicara sendiri dekat anak sambil kita lakukan apa yg kita omongkan,biar dia tertarik dg apa yg kita omongkan beli mainan yg paling dia sukai tapi dikasih jika dia mendengarkan kita, untuk melatih dia focus dulu saya sering melakukan meronce bareng bu? bapak bapak meronce loe?,main lipat kertas mengunting mewarnai melukis walaupun hasilnya tak jelas tetap dikasih semangat, biar keluar suaranya.untuk auditorinya saya melatih nahdah dengan gambar benda benda yg ada dirumah dulu, semua saya lakukan permainan yg sederhana,simpel dan menarik,diulang terus menerus sampai dia bisa mengenal dan mengucapkan walau belum sempurna. untuk ling sound waktu nahdah seumur dedek saya siapkan gambar benda yg sama dg suaranya misal Aa pesawat,S ular, sambil bermain aja pelan pelan dulu dekat dia jika dia menunjuk gambarnya sesuai dg hurup yg kita ucapkan berarti oke. semua kita lakukan secara sederhana simpel dan menarik,bervariasi serta semua kita lakukan dg senang hati tampa paksaan, semoga sukses ya bu?saya sangat senang bisa berbagi.wassalam
  • Trima kasih abi nahdah...paket komplit nya... Insyaallah slalu semangat...
  • Haloo mama King..apa kabar..waah seneng sekali King sudah sadar suara..untuk 6 ling soundnya sudah harus menjadi target AVT dirumah..karena 6 ling mewakili beberapa frekuensi suara..jadi nanti King bisa lebih mengenal suara di berbagai frekuensi..saat melakukan avt dirumah usahakan bicaranya dekat dengan mikrofon dan sebelum mengenalkan bendanya usahakan suara nya terlebih dahulu..selamat belajar mendengar dan bicara King dan mama..salam semangat
  • Alhamdulillah kabar baek mbak yu.... O iya,blkgn ini king krg suka baca buku....
  • Memang harus dengan berbagai cara..agar King tidak cepat bosan..bisa dengan mainan yg sedang disenanginya..atau benda2 yg menarik perhatian King..atau binatang2 yang King suka..apapun bisa menjadi obyek avt dirumah..bukunya baru diselingi lagi nanti jika King sdh tidak bosan..karena buku sangat bagus sekali..atau cari buku yg gambar2nya menarik buat King..dan membacakannya harus dengan intonasi dan ekspresi yg bisa mengalihkan King jd mau fokus mendengarkan..
Sign In or Register to comment.