Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin ikut terlibat, klik salah satu tombol berikut!

mohon infonya bagi yg tau

sunting Juli 7 dalam Perkenalan
Assalamu'alaikum bunda bunda... saya ibu dari chaniif alfarezel hanya ingin tau dan saling berbagi informasi saya mempunyai anak baru berumur 3.5bln.. tapi ko dia belum mengerti klo dipanggil trus juga klo ada kaleng jatuh kadang kaget kadang biasa aja bunda.. saya takut klo anak saya tidak bisa mendengar sejak lahir... dan saya juga belum cek kedokter tht. Bagaimana saran bunda bunda nggh. Dan berapa kira kira biyaya implan tersebut... terimakasih. Saya tri dari cilacap..

Komentar

  • Sejak dalam kandungan usia 25 Minggu janin sudah bisa mendengar begitu lahir sudah bisa dilakukan check pendengaran dengan dokter THT kenalkan saya ummi Arinda usia 9th dan usia dengar dengan implan koklea 2 telinga 5th dan untuk biaya implan akan ada jalan /kemudahan
  • @AntasariD terimakasih bunda.. sya lg curiga dgn anak saya bunda.. brati saya harus segera cek tht ya bunda? Oia klo boleh tau implan koklea itu sekali dalam seumur hidup ya bunda?? Maaf terlalu banyak pertanyaan bun.. saya syok bgt melihat perkambangan anak saya bun. Bingung bun serasa ga bisa trima kenyataan. Setelah oprasi implan berapa lama bisa mendengar bunda?? Terapi lagi ya bun??
  • AsriRAsriR admin
    sunting Juli 9

    Wa'alaykumsalam Bunda @triariyani,

    Chaniif sekarang usianya 3,5bulan ya bu,

    Ini saya kutip dari beberapa panduan tumbuh kembang balita usia 3-4 bulan ya bu,

    Pertumbuhan Sensorik Bayi usia 3 -4 bulan:

    1. Pada bulan ketiga maka bayi sudah memiliki kemampuan pendengaran yang semakin baik. Ketika bayi dipanggil dengan namanya maka kepala dan mata berkoordinasi untuk mencari sumber suara tersebut. Ketika bayi tidak mengalami tahap ini maka orang tua harus mencari tahu penyebabnya dan bisa membawa ke dokter anak untuk diperiksa.

    2. Bayi sudah bisa merasakan sensasi seperti rasa sedih dan gembira. Ketika bayi mendengar suara musik maka mereka akan berusaha untuk tersenyum atau menggerakkan badan.

    3. Kemampuan penglihatan bayi sudah berkembang dengan baik. Mata bayi akan sangat senang ketika melihat warna-warna yang cerah seperti kuning atau merah. Pada masa ini Anda bisa memberikan warna mainan yang cerah dan kontras untuk melatih indra penglihatan bayi.

    4. Bayi sudah bisa mengenali bayangan mereka sendiri, ketika Anda mengenalkan bayi di cermin maka mereka akan tertawa atau takut saat melihat bayangan tersebut.

    5. Bayi Anda sudah bisa membuat interaksi yang sangat baik dengan pandangan mata. Ketika Anda menatap mata bayi secara langsung maka mereka akan mengenali tatapan yang penuh kasih dari orang tua.

    6. Bayi Anda sudah bisa merasakan sensasi sentuhan dari orang lain. Anda bisa melatih kemampuan indra perasa bayi dengan meletakkan beberapa mainan yang berbeda. Jika bertemu dengan mainan yang lunak maka mereka akan menekan kuat begitu juga dengan mainan yang keras.

    Jadi sebelum Bunda @triariyani khawatir terlalu jauh, yuk kita ngobrol santai dulu soal tumbuh kembang Chaniif, mungkin bunda bisa ceritakan lebih lanjut bagaimana perkembangan Chaniif saat ini sesuai dengan poin 1-6 di atas

    Semangat bunda, kita belajar sama-sama ya :wink:

    Salam,

  • Waalaikumsalam ibu tri dari cilacap..

    Untuk pertanyaan tentang biaya implan kurang lebih seharga mobil, mahal tidaknya menurut saya relatif ya, karena sekarang pun orang melihat mobil sepertinya biasa saja ya, bukan barang mewah juga, orang di kampung2 juga bisa membelinya.

    Cuma anehnya, kalo orang harus mengeluarkan uang sebanyak itu untuk membeli alat mendengar kok merasa sangat berat, sedangkan kalo membeli mobil ringan saja, bahkan mengeluarkan uangnya dengan senang hati. Padahal kalo dipikir, mobil sama pendengaran lebih berharga mana? Apakah kita mau, pendengaran kita ditukar dengan mobil?

    Tapi sebelum berpikir tentang implan dll, saya sarankan segera dicek saja kondisi pendengaran putra ibu ke dokter tht. Mudah2an saja normal dan tidak ada masalah, sehingga tidak perlu implan dll. Banyak berdoa saja ibu, dan jika ada yang mau didiskusikan lagi, kami siap membantu.
  • @AsriR terimakasih bunda telah menjawab semua pertanyaan saya.. alhmdlh saya sudah cek ternyata penggumpalan kotoran ditelinga putra saya dan sekarang sudah sedikit demi sedikit keluar kotoran ditelingganya dan sudah mulai mengenal suara. Maaf bunda pd waktu itu saya begitu panik karena tidak ada respon sama sekali pada anak saya. Jadi saya bertanya.
  • @dwii terimakasih bunda telah menjawab semua pertanyaan saya.. alhmdlh saya sudah cek ternyata penggumpalan kotoran ditelinga putra saya dan sekarang sudah sedikit demi sedikit keluar kotoran ditelingganya dan sudah mulai mengenal suara. Maaf bunda pd waktu itu saya begitu panik karena tidak ada respon sama sekali pada anak saya. Jadi saya bertanya
  • Ah saya ikut senang dengarnya Bun @triariyani

    Mungkin, bisa dicatat untuk kunjungan rutin ke dokter tht untuk membersihkan telinga ananda ya Bunda

    Sehat selalu

  • @AsriR iya bunda terimakasih nasehat dan solusinya... Sehat selalu
  • sama-sama Bunda @triariyani

  • Senang sekali hasil diskusi kali ini..
    Semoga sikecil selalu sehat ya, bunda..

    Salam super.
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.