Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Perlu ga sih sebenernya FM?

Halo,

Saya baru aja balik dari mapping, terus audiologist saya bilang sebaiknya saya pake fm untuk menunjang, emangnya perlu ya? terus seberapa perlu? Soalnya kan harganya lumayan yah, ada yg bersedia testi soal fm ?

Makasih

Comments

  • Halo mas Andy, saya Saras, orang biasa yang masih belajar. Saya mau coba berbagi sepengetahuan saya ya. Mohon koreksi dri para mentor atau ahli yg lain jika salah.
    FM system itu ada untuk menunjang komunikasi agar dpt terdengar lebih baik - jelas meski dri jarak beberapa meter. Perlu tidaknya, sebenernya tergantung kebutuhan mas Andy. Sya rasa audiologist pasti menyarankan hal tersebut dgn melihat kebutuhan mas Andy.
    Saya pernah melihat secara langsung, seorang anak usia sekolah SMA yang menggunakan FM system trkoneksi dgn alat bantu dengarnya. Saat itu si anak sedang berada di dalam ruangan sementara ayahnya di luar ruangan dgn jarak +/- 4m dan si anak masih bisa dengar apa yg disampaikan ayahnya. Anak ini memakai FM system agar dpt mendengar gurunya menerangkan atau men-dikte dgn lebih jelas. Guru itu seringnya kan ga diam di satu tempat, seringnya sambil jalan keliling kelas. Dgn FM system anak ini tetep ngerasa denger suaranya dekat. Ini sih sedikit gambaran FM system dgn alat bantu dengar. Untuk Naida sya rasa penunjang serupa lebih baik dan canggih kinerjanya.
    Termasuk anak yg beruntung menurut sya anak tsb karena bisa menggunakan FM system. Disisi lain, saya pernah bertemu dgn seorang ibu yg bercerita, anaknya mengalami HL perlahan sejak kecil, dan memang sudah memakai alat bantu, tpi tidak ditunjang dgn FM system. Dalam kondisi seperti ini, si anak masih bisa ranking 2 di kelasnya, di sebuah sekolah dasar Katolik ternama di Surabaya. Tapi, setiap setelah ada ujian dgn dikte, sepulang sekolah anak ini sll menangis. Karena dia ga bisa nangkep jelas kata2 gurunya yg mendikte sambil jalan keliling kelas.

    Jadi... Ya, bisa dibantu menyimpulkan maksud dari sedikit cerita saya ya mas.
    Sekali lagi mohon koreksi jika ada yang salah.

    Tq

  • Halo Mbak Sarasati,

    Oh begitu, makasih infonya, trs pemakaiannya ribet ga sih? maksudnya ada kabel-kabel gitu

  • Coba ditonton dulu ya, mas.

    Tq

  • Hallo mas @Andy...

    Paparan dr mb @Sarasati dan juga video yang mb saras kirim menurut saya sudah cukup menjelaskan tentang fungsi FM bagi pengguna alat bantu dengar dan atau implant koklea.

    Dari pengalaman saya sendiri dengan anak gangguan pendengaran, FM sangat membantu anak saya mendengar lebih jelas ketika di dalam kelas maupun di lingkungan terbuka. Hal itupun di sampaikan juga oleh guru anak saya, betapa FM pengaruhnya cukup banyak dalam meningkatkan kualitas mendengar anak saya di lingkungan yang ramai. Walaupun anak saya sudah menggunakan bilateral implant, namun ketika suasana ramai tetap saja kadang bikin dia ngga fokus dalam mendengar apa yang gurunya sampaikan, nah dg FM membantu dia lebih fokus. Jadi kalau bagi anak saya yang sekarang duduk di kelas 4 SD, FM itu diperlukan.

    Semoga berbagi pengalaman saya ini bisa membantu mas Andy dalam menentukan pilihan.

    Salam ^^

  • Terimakasih sekali bu @AyuT sudah menambahi dgn pengalamannya. Semangat u/ Lingga! Tq

  • Yeay Mama @Sarie_aqilla , seneng banget liat progressnya, makin semangat ya Abanag Aqil belajarnya... Kalo pas lagi main-main bareng sama temen-temennya FMnya tetep dipake? terus cara ngejelasin ke guru Aqil soal FM agak kesulitan ga?

  • Syukur mbak @AsriR seneng bangeeettt.. semakin fokus dia mendengar guru nya dikondisi yg berisik sekalipun. Kalau pas sedang main, saya gak pakaikan mbak.. karena Saya mau dia dengar semua suara. Berhubung telinganya yg pakai fm di setting 50:50. 50% suara dari fm, 50% suara dari sekitar..jadi dia hanya pakai fm kalau sedang belajar dalam kelas, dan sewaktu belajar listening (dikte)..
    Waaahh secara keseluruhan pokoknyaaa top bgt deh hehehehe
  • AsriRAsriR admin

    Wah syukur banget, si abang Aqil jadi makin semangat ya belajarnya... Oh bener banget ya masalah fokus pas lagi belajar itu pengaruh bangeeett

  • [email protected] saya FM bagus banget buat membantu anak kita mendengar penjelasan gurunya lebih jelas dan fokus di kelas, tapi sayang Icha tidak mau pakai. dulu waktu kelas 3 SD saat Icha masih pakai alat PSP Icha sudah pernah trial FM beberapa hari, tapi dia merasa kurang nyaman...mungkin karena dia gak mau ribet kali ya...memang suasana di sekolahnya terutama dikelasnya tidak terlalu bising karena hanya ada 18 anak. Dia bilang dikelas dia sudah bisa dengar penjelasan gurunya, kalaupun ada yg kurang jelas dia akan bertanya ulang ke gurunya. Tapi syukurlah Setelah dia CI bilateral neptune dan naida, sekarang dia jauh merasa lebih nyaman karena sudah bisa mendengar dengan lebih jelas lagi meskipun sedang berada di suasana bising.
  • Wah iya mama icha @ayuni, berarti faktor suasana kelas itu sangat berpengaruh ya, ya kalau muridnya dibawah duapuluh orang dengan satu sampai dua guru, serta teknologi implant yang dipakai sangat mendukung, mungkin tidak perlu FM.

    Iya mungkin juga Icha merasa agak ribet harus pakai alat FM.

    Kalau terima telepon ada tantangan khususkah, mama @ayuni

  • [email protected], dulu waktu pakai 1 implant dan masih yg teknologi lama saya sering telepon dia pas saya lagi kerja, semua pertanyaan saya bisa dia jawab dengan benar. Cuma kalau dia lagi di suasana bising, beberapa pertanyaan harus saya ulang lagi dengan intonasi yang lebih pelan. Tapi syukurlah sekarang sudah jauh lebih jelas katanya.
  • Hai pak @Andy ,

    Nama saya Gwen dan saya sekarang di SMA. (btw, bahasa pertamaku adalah bahasa Inggris jadi maaf jika saya membuat kesalahan gramatikal)

    Saya memakai implan di kedua telingaku. Di sekolah, saya selalu memakai FM, sejak dari TK. FM banyak membantu saya di ruang kelas. Saat guru memakai FM, saya bisa dengar suaranya sangat jelas, seperti dia berdiri di sampingku.

    Walaupun masih bisa dengar guru tanpa FM, karena saya pernah mengalami hal itu ketika FM saya rusak dan harus diperbaiki, kadang-kadang bisa 'miss out on a lot of things' (lewatkan banyak hal???) yang dikatakan guru ataupun saat grup diskusi. Jadi, saya sangat rekomendasi memakai FM system. FM pasti akan membuat hidupmu lebih mudah :smile:

  • Hai semua
    Anak saya Annisa 8 tahun usianya
    Bilateral ci merk AB
    Annisa pakai FM sejak TK
    Sekarang dia kelas 2 SD
    Amat sangat membantu FM untuk proses belajarnya di sekolah
    Guru2nya juga merasa terbantu

    Saat ini Annisa memakai FM hanya saat sekolah
    Setelahnya dia melepasnya.
    Memang tanpa FM pun Annisa juga bisa mengikuti pelajaran sekolah
    Tapi dengan FM itu jauh lebih mudah

    Jadi kesimpulannya
    Tidak menyesal Annisa pakai FM sejak sekolah TK

    Semoga sharing ini dapat membantu ya
  • Hai semua
    Anak saya Annisa 8 tahun usianya
    Bilateral ci merk AB
    Annisa pakai FM sejak TK
    Sekarang dia kelas 2 SD
    Amat sangat membantu FM untuk proses belajarnya di sekolah
    Guru2nya juga merasa terbantu

    Saat ini Annisa memakai FM hanya saat sekolah
    Setelahnya dia melepasnya.
    Memang tanpa FM pun Annisa juga bisa mengikuti pelajaran sekolah
    Tapi dengan FM itu jauh lebih mudah

    Jadi kesimpulannya
    Tidak menyesal Annisa pakai FM sejak sekolah TK

    Semoga sharing ini dapat membantu ya
  • Dear Mam,
    saya yakin semua alat berteknologi tinggi pasti sudah melalui riset dan uji kompetensi, pasti sangat besar mamfaatnya, jika saya punya uang maka nahdah kepingin saya belikan satu biar proses belajar mengajarnya semakin bagus,buat saat ini nahdah selalu duduk didepan, dirumah juga saya kondisikan belajar dalam kondisi apa adanya bukan diruangan tertutup buat melatih pendengarannya dalam bising. Alhamdulilah sejauh ini baik baik saja.
Sign In or Register to comment.